SISTEM PENJADWALAN IKLAN TERINTEGRASI PADA STASIUN RADIO SUARA KUDUS UNTUK PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PRODUKSI SIARAN

Syafiul Muzid
Noor Latifah
Putri Kurnia Handayani
Yogi Andriawan

Sari


Radio merupakan salah satu media layanan penyedia informasi bagi masyarakat. Informasi yang disampaikan kepada masyarakat bisa berupa iklan maupun berita. Radio Suara Kudus merupakan radio siaran milik pemerintah yang pengelolaan iklan belum menggunakan suatu sistem penjadwalan sehingga sering mengalami kendala dalam penjadwalan iklan dan waktu proses penjadwalan yang cukup lama dikarenakan tidak boleh terjadi tabrakan antar iklan, serta jadwal yang harus dipadatkan sedemikian mungkin agar  dapat  menampung banyak iklan  dalam setiap  siaran. Untuk  mengatasi permasalahan tersebut, maka dikembangkan Sistem Penjadwalan Iklan Terintegrasi untuk membantu dalam pengelolaan jadwal iklan. Sistem dikembangkan menggunakan Java Netbeans dan database MySQL. Hasil penelitian adalah Sistem Penjadwalan Iklan Terintegrasi yang digunakan untuk mengelola iklan yang masuk sampai dengan iklan tersebut ditayangkan. Sistem ini memudahkan setiap bagian dalam berkoordinasi terkait penjadwalan iklan sehingga waktu dan proses yang dibutuhkan semakin cepat. Selain itu, penyiar juga dapat  dengan  mudah  untuk  melihat  semua  jadwal  iklan  dalam  setiap  siarannya serta  dapat  secara langsung memutarkan iklan tersebut tanpa mencari ke dalam file lain. Sehingga mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi siaran serta kinerja khususnya untuk penjadwalan iklan.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari views : 273| PDF views : 509

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: