ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMASARAN UMKM TERINTEGRASI BERBASIS CLOUD SERVER

Anastasya Latubessy
Wiwit Agus Triyanto

Sari


ABSTRAK

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan ekonomi di negara kita. UMKM akan berkembang dengan baik jika didukung oleh sistem pemasaran yang baik pula. Sistem pemasaran dapat dikatakan berhasil, jika hasil yang produksi dari tiap-tiap UMKM dapat dikenal secara global. Untuk mempromosikan hasil produksi secara global, dibutuhkan media yang tepat. Kehadiran Internet sebagai indikator perkembangan dunia Teknologi dan Informasi saat ini, dapat dimanfaatkan sebagai media tepat dalam proses pemasaran hasil produksi UMKM. Namun, jumlah UMKM yang terus meningkat membutuhkan kapasitas daya tampung besar dalam sebuah sistem pemasaran terintegrasi. Cloud server merupakan teknologi yang menonjolkan fleksibilitas dan skalabilitas dalam penggunaan server. Hadir sebagai solusi tepat dalam pengembangan sistem terintegrasi. Sehingga pada penelitian ini, dilakukan analisa kebutuhan untuk menghasilkan pemodelan sistem pemasaran dengan menggunakan pemodelan UML (Unified Markup Language) dan juga melakukan perancangan arsitektur sistem berbasis cloud server.

Kata kunci: Analisa, Perancangan, Sistem, Terintegrasi, UMKM, Cloud, Server.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v5i1.133

Article Metrics

Sari views : 946| PDF views : 1262

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: