PENERAPAN SIMULASI DAN RELIABILITAS PADA MODEL VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP) DENGAN PERMINTAAN PROBABILISTIK

Ary Arvianto
Rizal Luthfi Nartadhi
Diana Puspita Sari
Wiwik Budiawan

Abstract


Vehicle Routing Problem (VRP) memiliki aplikasi yang penting di bidang manajemen distribusi, sehingga  menjadi  salah  satu  contoh  masalah  yang  banyak  dipelajari  dalam  literatur  optimasi kombinatorial dan diakui sebagai salah satu pengalaman tersukses dalam riset operasi. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi dari penelitian [1] dengan memperhatikan varian VRP homogeneous fleet  size and mix vehicle routing, multiple trips, multiple product and compartements, split delivery, dan multiple time windows dan permintaan tidak pasti (Probabilistic Demand). Hasil yang didapatkan bahwa model yang dibuat telah mampu merepresentasikan penelitian sebelumnya [1] dengan verifikasi hasil   yang sama. Permintaan tidak pasti   ditunjukkan dengan melakukan pengurangan kapasitas sebesar 5%   dan 10% dengan hasil bahwa  dengan mengurangi  kapasitas sebesar 5% terjadi permintaan pelanggan yang tidak tercukupi di beberapa pos, sedangkan pada 10% semua   permintaan dapat tercukupi. Namun dari segi biaya pada nilai 10% memiliki biaya yang lebih tinggi daripada 5%   hal ini dikarenakan rute   yang dihasilkan lebih banyak sehingga mengakibatkan penggunaan kapal lebih banyak dilakukan.


Keywords


vehicle routing problem; vrp; probabilistic demand

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arvianto, Ary. (2009). Teknik Local Search untuk Pemecahan Masalah Rute dan Jadwal Kendaraan Dengan Karakteristik Multiple Time Windows. Tesis Magister Teknik Industri ITB

Juan, A., Grasman, S., Faulin, J., Riera, D., Méndez, C., & Ruiz, B. (2009, December). Applying Simulation and Reliability to Vehicle Routing Problems with Stochastic Demands. In Proceedings of the XI Conference of the AIIA (pp. 201-214).

Harun, I. A., Mahmudy, W. F., & Yudistira, N. (2014). Implementasi evolution strategies untuk penyelesaian Vehicle Routing Problem with Time Windows pada distribusi minuman soda XYZ'. DORO: Repository Jurnal Mahasiswa PTIIK Universitas Brawijaya, 4(1).

Arvianto, A., Setiawan, A. H., & Saptadi, S. (2014). Model Vehicle Routing Problem dengan Karakteristik Rute Majemuk, Multiple Time Windows, Multiple Products dan Heterogeneous Fleet untuk Depot Tunggal. Jurnal Teknik Industri, 16(2), 83-94.

Yudistira. T., Suprayogi, dan Halim, A.H., (2003). Algoritma Heuristik Penjadwalan Alat Angkut untuk Pendistribusian Produk Majemuk dengan Sumber Tunggal dan Destinasi Majemuk. Prosiding Seminar SistemProduksi VI, pp. 573-586.

Tillman, Frank A., (1969). The Multiple Terminal Delivery Problem with Probabilistic Demands. Institute for Operations Research and the Management Sciences (INFORMS).

Pujawan. I Nyoman. (2005). Supply Chain Management. Suarabaya: Penerbit Guna.

Gesperz, Vincent.(2002). Production and Inventory Control Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufacturing 21. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Suprayogi. (2003). Algoritma Sequential Insertion untuk Memecahkan Vehicle Routing Problem with Multiple Trips and Time Windows. Jurnal Teknik dan Manajemen Industri ITB

Voudouris, C., & Tsang, E. (1999). Guided Local Search and Its Application to The Traveling Salesman Problem. European journal of operational research, 113(2), 469-499.




DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.1583

Article Metrics

Abstract views : 1385| PDF views : 1365

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: