PENGUKURAN SIMILARITAS STRUKTURAL PADA MODEL PROSES BISNIS (STUDI KASUS: ORDER TO CASH DAN PROCURE TO PAY DALAM SISTEM ERP)

Ratih Nindyasari

Abstract


ABSTRAK

Proses bisnis merupakan suatu alur proses yang mendukung aktivitas pada suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya. Sebuah perusahaan dengan skala multinasional pasti akan mempunyai model proses bisnis yang beragam tidak hanya ratusan tapi bahkan sampai ribuan bisnis proses. Beragam proses bisnis ini digunakan untuk mendukung Enterprice Resource Planning (ERP). Dengan adanya variasi ini maka perlu dilakukan pengukuran model proses bisnis tersebut agar dapat meminimalisir duplikasi proses bisnis tersebut. Salah satu cara yang digunakan untuk mengukur proses bisnis tersebut adalah dengan mengukur similaritasnya. Pada penelitian ini akan dilakukan pengukuran similaritas dari struktur model proses bisnis untuk dua kasus yang berbeda. Pada similaritas struktural ini akan memperhatikan similaritas sintakstik yang terdapat pada teks label proses bisnisnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pengukuran pada proses bisnis yang mempunyai variasi hampir sama akan menghasilkan nilai similaritas mendekati satu. Sedangkan jika proses bisnis yang diukur berbeda akan menghasilkan nilai similaritas yang rendah yaitu mendekati nol.

Kata kunci: model proses bisnis, ERP, similaritas proses bisnis, similaritas struktural, similaritas sintaktis.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.245

Article Metrics

Abstract views : 974| PDF views : 561

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

Indexed by:

Dimensions logo

 

Flag Counter

Creative Commons License
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: