Peranan Digital Transformation dalam Memediasi Hubungan Literasi Keuangan dengan Kinerja Keuangan UKM
Abstract
Kinerja keuangan usaha kecil dan menengah harus ditanggung oleh seluruh pelaku ekonomi. Persaingan yang sangat ketat memaksa usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor yang mendasari kinerja keuangan UKM, dalam hal ini literasi keuangan dengan transformasi digital sebagai variabel intervening. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang literasi keuangan yang sangat penting bagi usaha kecil dan menengah yang didukung dengan pemanfaatan transformasi digital sehingga memudahkan pelaku ekonomi dalam mengelola operasionalnya. Survei menggunakan metode kuantitatif dan menyasar 130 usaha kecil dan menengah di Kota Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-prudential sampling yang membagi kuesioner. Alat analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah SPSS versi 22.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1 Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61–76. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hadiono, K., & Santi, R. C. N. (2020). Menyongsong Transformasi Digital. Harahap, Y. R. (2014). Kemampuan menyusun laporan keuangan yang dimiliki pelaku ukm dan pengaruhnya terhadap kinerja UKM. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 14(1). Idawati, I. A. A., & Pratama, I. G. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ). https://doi.org/10.22225/wmbj.2.1.1644.1-9 Iqbal Hidayatulloh, I. (2020). Pengaruh Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Kabupaten Tegal. Universitas Pancasakti Tegal. Is-haq, H. O. (2019). Digital Marketing and Sales Improvement in Small and Medium Enterprises in Nigeria. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 6(6), 803–810. Latifiana, D. (2016). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM). Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis 2017. Lia, D. A. Z. (2015). Penilaian Kinerja Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan (Studi pada IRT Ramayana Agro Mandiri Kota Batu Tahun 2011-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1). Oktavenus, R. (2019). Analisis pengaruh transformasi digital dan pola perilaku konsumen terhadap perubahan bisnis model perusahaan di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 44–48. Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Strategi nasional literasi keuangan Indonesia. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan. Prasetyo, R. (2020). Peran Pemerintah Daerah dalam Akselerasi Transformasi Digital Industri Kecil dan Menengah (Local Government Role in the Digital Transformation Acceleration of Small and Medium Industry). JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 22(1), 59–75. Puspitaningtyas, Z. (2017). Manfaat Literasi Keuangan Bagi Business Sustainability. Seminar Nasional Kewirausahaan Dan Inovasi Bisnis VII, ISSN: 2089-1040, 254–262. Rahayu, A. Y. (2017). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlanjutan UMKM di kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5(3). Schallmo, D., Williams, C. A., & Boardman, L. (2017). Digital transformation of business models-best practice, enablers, and roadmap. International Journal of Innovation Management, 21(8), 1–17. https://doi.org/10.1142/S136391961740014X Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV. Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( UMKM ) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–48. Suryani, S., & Ramadhan, S. (2017). ANALISIS LITERASI KEUANGAN PADA PELAKU USAHA MIKRO DI KOTA PEKANBARU. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1(1), 12–22. Sutejo, B. S., & Silalahi, M. A. R. (2021). Mengukur kinerja keuangan pada UKM akibat pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(2), 135–144. Winarsih, Indriastuti, M., & Fuad, K. (2021). Impact of covid-19 on digital transformation and sustainability in small and medium enterprises (smes): a conceptual framework. In Advances in Intelligent Systems and Computing: Vol. 1194 AISC. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-50454-0_48 Yushita, A. N. (2017). PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN BAGI PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330
DOI: https://doi.org/10.24176/agj.v8i1.12350
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Accounting Global Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Accounting Global Journal (AGJ) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: