Faktor Anteseden Lulusan Akuntansi Untuk Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA)

Imas Nurani Islami, Reza Maulana Kusuma

Abstract


Bidang Akuntansi menawarkan peluang kerja yang sangat menjanjikan bagi lulusan program akuntansi. Setiap mahasiswa tentunya mempunyai harapan atau keinginan untuk berkarir pada bidang yang dipelajarinya. Perencanaan karir mahasiswa merupakan langkah awal dalam menetapkan jalur karir tersebut. Di antara sekian banyak profesi yang ada, salah satu profesi di bidang jasa akuntansi yang mempunyai prospek sangat menjanjikan adalah profesi akuntan publik.

Kemajuan dalam profesi akuntan publik saat ini sejalan dengan pertumbuhan kebutuhan akan jumlah akuntan publik yang semakin tinggi. Namun sayangnya perbandingan antara ketersediaan akuntan publik dengan kebutuhan dunia kerja masih cukup timpang, khususnya akuntan publik bergelar CPA. Tujuan penelitian ini yaitu mampu menganalisis antesenden yang dapat mendorong lulusan akuntansi untuk mengikuti ujian certified public accountant (CPA). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan tinjauan literatur. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, dapat dijadikan referensi bagi institusi untuk mempersiapkan kurikulum yang mampu menyiapkan mahasiswa untuk mengikuti ujian CPA dan mendorong mereka untuk mengambil ujian CPA.

 


Keywords


antesenden; lulusan akuntansi; certified public accountant

References


Aditiya, I. M. (2022). 5 Jurusan Paling Diminati Mahasiswa di Indonesia, Manajemen Jadi Primadona. Goodstats.Id. [Online]. Tersedia: https://goodstats.id/article/5-jurusan-paling-diminati-mahasiswa-di-indonesia-manajemen-jadi-primadona-S3IeS. [22 Oktober 2023] Ajzen, I. (1985). From intentions to actions: A theory of planned behavior. In Action control: From cognition to behavior (pp. 11–39). Springer. Ardhiansa, M. I., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (Cpa) Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang. E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 10(08). Astasari, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Memilih Berkarir sebagai Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Juruan Akuntansi di Universitas Islam Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta). Aziz, D. A., Ibrahim, M. A., Sidik, M. H. J., & Tajuddin, M. (2017). Accounting students’ perception and their intention to become professionally qualified accountants. SHS Web of Conferences, 36, 8. BPS. (2020). Statistik Pendidikan 2020. Jakarta Berlinasari, M., & Erawati, N. M. A. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ppak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(1), 447–476. Essera, F. A., & Djefris, D. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karier Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 86–91. Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 30–43. Febriyanti, D., Ekanesia, P., Aryanti, A. N., & Hamdani, D. (2023). Memilih karier sebagai akuntan publik: motivasi dan pengambilan keputusan oleh mahasiswa. KINERJA, 20(2). Hasanah, A. A., & Waskita, A. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan Pengetahuan Tentang Akuntan Publik (AP) Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAk. AKURAT| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 12(1), 21–32. Iapi.or.id. (2023). Sertifikasi. [Online] Tersedia https://iapi.or.id/jalur-reguler/ [22 Oktober 2023] Islamiyah, H. M., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2020). Pengaruh Motivasi Karir, Motivasi Gelar terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA) (Studi pada Mahasiswa Akuntansi di Kota Malang). E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(01). Kitchenham, B. A. (2004). Procedures for performing systematic reviews. Keele University. Retrieved from http://www.citeulike.org/user/ssr/viewitem/1022262 Kurniawan, D. A., & Nugroho, P. I. (2021). Minat Mahasiswa Akuntansi Feb UKSW untuk Mengikuti Ujian Sertifikasi Chartered Accountant (CA). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(2), 237–245. Manik, E. S. N., & Prima, A. P. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Pengambilan Sertifikasi Akuntansi. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(3). Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20–26. Mowen, H., Hansen, D. R., & Guan, L. (2006). Cost Management: Accounting and Control. Mason: Thomson South Western Inc. Nabela, S. C., Cahyani, M. R., Al Muchlisin, C., & Sumardi, S. (2023). Assessing Certified Public Accountants As Career Choice: Accounting Students’perception. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(2), 247–263. Naminingsih, N. N., & Rahmayati, A. (2018). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Pengakuan Profesional, Pertimbangan Pasar, Teman Dan Keluarga Dalam Pemilihan Karir Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Syariah di IAIN Surakarta). IAIN Surakarta. Putri, D. M. F., & Pramesti, W. S. E. (2021). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA) Indonesia (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi IAIN Surakarta). UIN Surakarta. Rachma. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya Untuk Mengikuti Sertifikasi CPA (Certified Public Accountant). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2). Rahayu, P. N., & Asmara Putra, N. W. (2019). Pengaruh Motivasi, Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional, Pertimbangan Pasar Kerja, Lingkungan Pada Karir Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 1200. Rahayu, A. A., Erawati, T., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Motivasi Karir, Motivasi Kualitas, Motivasi Sosial, Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(2), 240–264. Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian Edisi 6 Buku 2. Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67. Suryantini, S. (2011). Teori Motivasi Maslow. Surabaya, SKP UNIAIR. Ulfah, R., Jaharadak, A., & Khatibi, A. (2019). Motivational factors influencing MSU accounting students to become a certified public accountant (CPA). Management Science Letters, 9(10), 1675–1684. Unardjo, F. V. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA). Wardani, D. K., & Primastiwi, A. (2022). Pengaruh Persepsi Biaya Pendidikan, Motivasi Sosial, Dan Motivasi Karir Terhadap Pilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan Dengan Minat Mengikuti Brevet Pajak Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(6), 1191–1204.




DOI: https://doi.org/10.24176/agj.v8i2.13623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Accounting Global Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

gs gs  

Downloads - Creative Commons
Accounting Global Journal (AGJ) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: