ANALISIS APARATUR PEMERINTAH DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN WONOSOBO)

Eka Dewi Sumarmawati
Ida Ayu Kade Rachmawati Kusasih

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor sumber daya manusia (pendidikan, pemahaman, pelatihan dan pengembangan) di pemerintah dalam penyusunan laporan keuangan daerah (LKPD), sehingga penelitian menjelaskan peran sumber daya manusia dalam proses penyusunan LKPD. Penyusunan laporan keuangan daerah harus memenuhi kriteria UU no 15 tahun 2005 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tannggung Jawab Keuangan  Negara.

Data yang digunakan adalah hasil dari pengumpulan sampel kuisioner kepada aparatur yang berada di bagian keuangan SKPD. Melalui uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik maka data yang diperoleh dapat digunakan dalam model penelitian. Menguji model dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian hanya variable pengembangan yang mempengaruhi penyusunan LKPD, sedangkan pendidikan, pemahaman dan pelatihan tidak berpengaruh secara signifikan. Secara simultan semua variable berpengaruh signifikan terhadap penyusunan LKPD sebesar 57,90 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variable yang tidak ada dalam model penelitian.

Implikasi penelitian dalam pemerintahan yaitu memberikan masukan berhubungan dengan sumber daya manusia yang harus diperhatikan dalam penyusunan laporan keuangan daerah untuk menunjang Good Corporate Governance. Manajemen sumber daya manusia dan konsultan eksternal dapat digunakan dalam penelitian yang akan datang.

 


Keywords


laporan keuangan daerah; pendidikan; pemahaman; pelatihan; pengembangan



DOI: https://doi.org/10.24176/agj.v2i1.2692

Article Metrics

Abstract views : 1215| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Accounting Global Journal



View My Stats

gs gs  

Downloads - Creative Commons
Accounting Global Journal (AGJ) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: