PERSEPSI ETIS MAHASISWA TERHADAP ISU ETIKA BISNIS (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Yang Memiliki Program MAKSI dan PPAK)
Nurul Fauziyyah
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh sikap skeptis dan besarnya konsekuensi terhadap persepsi etis mahasiswa pada manajemen laba. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner yang disebar langsung ke 93 responden yang merupakan mahasiswa Magister Akuntansi (MAKSI) dan mahasiswa Program Profesi Akuntansi (PPAK) Universitas Gadjah Mada. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Cronbach's Alpha untuk uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis regresi berganda adalah pengujian hipotesis untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi etis pada manajemen laba dipengaruhi oleh besarnya konsekuensi, semakin besar konsekuensi suatu tindakan, semakin rendah persepsi etis yang dimiliki individu. Di sisi lain, hasil pengujian empiris juga menunjukkan bahwa sikap skeptis tidak berpengaruh terhadap persepsi etis pada manajemen laba.
Keywords
Sikap skeptis, Besarnya konsekuensi, Persepsi etika mahasiswa tentang manajemen laba.