FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGANBERDASARKAN TEORI AGENSI (STUDI PADA OPD SE-EKS KARESIDENAN PATI)

Tuti susanti

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh pengawasan internal, pemahaman sistem akuntansi keuangan, pengelolaan keuangan daerah, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan daerah pada satuan kerja perangkat daerah se-eks karesidenan Pati.

            Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yang berbentuk asosiatif.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 OPD se-eks Karesidenan Pati.Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah responden yang dipilih sebanyak 60 sebagai sampel penelitian yang memenuhi kriteria masa kerja lebih dari 5 tahun dan terlibat langsung dalam proses pembuatan laporan keuangan. Metode analisis yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan analisis data seperti linear berganda dan menggunakan bantuan spss versi 23 for windows.

            Hasil uji statistik secara simultan (Uji F)  menunjukkan bahwa, pengaruh pengawasan internal, pemahaman sistem akuntansi keuangan, pengelolaan keuangan daerah, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan daerah. Sedangkan hasil uji t (uji partial) menunjukkan bahwa pengawasan internal, Pemahaman sistem akuntansi keuangan, pengelolaan keuangan daerah, dan pemanfaatan teknologi Informasi secara parsial berpengaruh signifikan  terhadap kualitas laporan keuangan       Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengawasan internal, pemahaman system akuntansi keuangan, pengelolaan keuangan daerah, dan pemanfaatan teknologi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.


Keywords


Pengawasan internal, sistem akuntansi keuangan (SAK), pengelolaan keuangan daerah, pemanfaatan teknologi informasi, kualitas laporan keuangan.



DOI: https://doi.org/10.24176/agj.v1i1.3330

Article Metrics

Abstract views : 191| PDF (Bahasa Indonesia) views : 195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

gs gs  

Creative Commons License
Accounting Global Journal (AGJ) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: