PENGARUH RASIO KEUANGAN,UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

diah lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan, ukuran perusahaan dan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2016.Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa data laporan keuangan dari berusahaan yang diperoleh dari www.idx.comdan sumber lain yang relevan. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 37 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 148 sampel (37x4). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak, likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak dan corporate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak.


Keywords


Rasio Keuangan, ukuran perusahaan, corporate social responsibility dan agresivitas pajak.



DOI: https://doi.org/10.24176/agj.v1i1.3336

Article Metrics

Abstract views : 860| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Accounting Global Journal



View My Stats

gs gs  

Downloads - Creative Commons
Accounting Global Journal (AGJ) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: