FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TRANSFER PRICING ( STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2020)

Febra Robiyanto
Zuliyati Zuliyati
Eria Novita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh faktor-faktor yang mempenaruhi keputusan melakukan transfer pricing yaitu pajak, mekanisme bonus, tunneling incentive, exchange rate, dan leverage  pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penentuan sampelnya menggunakan metode purposive sampling. Iumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 170. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 23,0.

hasil penelitian  menunjukkan bahwa pajak, mekanisme bonus, exchange rate, dan leverage berpengaruh positif terhadap transfer pricing, sedangkan tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap transfer pricing.

 

kata kunci: Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Exchange Rate, Leverage dan Transfer Pricing.




DOI: https://doi.org/10.24176/agj.v6i1.7698

Article Metrics

Abstract views : 780| PDF (Bahasa Indonesia) views : 680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Accounting Global Journal



View My Stats

gs gs  

Downloads - Creative Commons
Accounting Global Journal (AGJ) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: