DINAMIKA KEPRIBADIAN ISLAMI (Studi Fenomenologi Masyarakat Kabupaten Banjar)

Yulizar Abidarda
Akhmad Rizkhi Ridhani - [ https://orcid.org/0000-0003-2153-9550 ]

Abstract


Layanan bimbingan dan konseling merupakan bentuk layanan yang diberikan oleh konselor kepada konseling untuk mengoptimalisasikan potensi yang dimiliki oleh konseli tersebut. Maka oleh sebab itu penting bagi seorang konselor untuk dapat memahami kondisi konseli agar mampu memberikan layanan yang sesuai dengan kondisi masalah yang dihadapi oleh konseli. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menemukan dinamika kepribadian islami melalui studi fenomenologi masyakatar di kabupaten banjar. Metode penelitian yang digunakan yakni melalui pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Hasil yang diperoleh yakni d kepribadian islam masyarakat terbentuk dari aktivitas agamis yang dilakukan secara dinamis dengan mengikuti kegiatan pengajian untuk memperoleh pengetahuan tentang agama dan tata cara beragama, serta mengamalkan pengetahuan agama tersebut dalam kesehariannya seperti bersikap, berperilaku, dan berkomunikasi sesuai pedoman al-quran, hadis, dan sumber pendukung lain yang disepakati oleh alim ulama. Kemudian dari pada itu dinamika kepribadian islami berkaitan langsung dengan nafsun, yang dimana nafsu tersebut terbagi menjadi 3 bagian yakni : (1) nafsu amaratau bi as-Su’  merupakan kesadaran manusia yang lebih dominan pada tabiat pemuasan hasrat, kemudian dari pada itu (2) nafsu lawwamah merupakan kekuatan psikis (jiwa) yang telah sadar menggunakan logikanya untuk berpikir rasional sehingga menyadari akan tindakan yang salah, selanjutnya (3) nafsu al-mutmainnah merupakan kekuatan psikis yang membawa jiwa kepada tuntunan, petunjuk, serta pemeliharaan yang baik.


Keywords


Dinamika Kepribadian Islami; Masyarakat Kabupaten Banjar

Teks Lengkap:

15-19

Referensi


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar : CV. Syakir Media Press.

Alfisyah, A. (2016). Pengajian Perempuan Ar-Rahmah Sekumpul Martapura. Jurnal socius, 5(1).

Beritabanjarmasin.com (2022, 05 April). Sejarah Perkembangan Pengajian Dan Pesantren Di Kalsel, Tuan Guru Berperan Besar. Diakses Pada 10 September 2023, Dari https://www.beritabanjarmasin.com/2022/04/sejarah-singkat-perkembangan-pengajian.html.

Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi.

Hajaroh, M. (2010). Paradigma, pendekatan dan metode penelitian fenomenologi. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 1-21.

Hasanah, M. (2018). Dinamika Kepribadian Menurut Psikologi Islami. Ummul Qura Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 11(1), 110-122.

Hidayat, R. 2013. Persepsi Siswa Tentang Pribadi Konselor Yang Diharapkan Siswa Di SMP Negeri 2 Tersono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Mufidah, L. (2006). Dinamika Kepribadian Orang Yang Melakukan Percobaan Bunuh Diri (Suatu Tinjauan Psikoanalisis) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Mushodiq, MAM, & Saputra, AA (2021). Dinamika kepribadian Amarah, Lamawah, dan Mutmainnah serta Relevansinya dengan Struktur kepribadian Sigmund Freud. Buletin Konseling dan Psikoterapi , 3 (1).

Permendiknas Nomer 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Konselor.

Ridhani, A.R. 2017. Bimbingan Kelompok Religius (Pendekatan alternatif Membentuk Karakter Anak Islami). Banjarmasin: LP2M UNISKA MAB.

Rofiq, A.A. 2016. Keterampilan Komunikasi Konseling. Bogor: PT. Graha Cipta Media.

Setyoningtyas. R. 2014. Persepsi Guru BK Tentang Kompetensi Konselor Di Sekolah Dasar Swasta Kota Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Undang-undang Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia.

Wikipedia.com. (2022, 22 Desember). Martapura, Banjar. Diakses Pada 10 September 2023, Dari https://id.wikipedia.org/wiki/Martapura,_Banjar.

Wikipedia.com. (2023, 31 Agustus). Muhammad Arsyad Al-Banjari. Diakses Pada 10 September 2023, Dari https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_Arsyad_al-Banjari.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.11139

Article Metrics

Abstract views : 18| 15-19 views : 17

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: