Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Melatih Soft Skill Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Fatimatus Zahrah
Hairul Mawasil

Abstract


Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Cara untuk memperoleh data penenelitian yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru kelas 6 dan siswa kelas 6. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan observasi yang diperdalam. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan terdiri perencanaan dengan membentuk tim fasilitator projek profil dengan menentukan seorang koordinator projek profil, Guru kelas merencanakan P5 dalam beberapa tahapan. Pelaksanaan P5 yaitu diawali dengan guru mengajak peserta didik melihat situasi nyata yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya memberi pertanyaan tentang alur pengolahan sampah. Kemudian dari modul tersebut peserta didik secara berkelompok menyimak alur kegiatan projek. Setelah itu mereka melakukan kegiatan projek sebagaimana yang telah ditentukan. Setelah kegiatan projek selesai, guru bersama peserta didik melakukan refleksi. Asesmen/evaluasi P5 yaitu menggunakan portofolio dan alatnya menggunakan rubrik. Dalam perancangan rubrik utama projek, rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik dimasukkan ke dalam kategori mulai dan sedang berkembang, sementara rumusan fase setelahnya dimasukkan ke dalam kategori sangat berkembang. Ada dua asesmen dalam P5 yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Manfaat P5 terhadap Soft skill Siswa di MI Miftahul Ulum bajur waru pamekasan, yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Kelima: Faktor pendukung dalam plaksanaan P5 yaitu Guru adalah orang berpengaruh dan aktif dalam pelaksanaan P5, dan dukungan dari orang tua antusias dalam mendukung program madrasah.

Teks Lengkap:

812-817

Referensi


Aini, K., & Ridwan, M. (2021). STUDENTS'HIGHER ORDER THINKING SKILLS THROUGH INTEGRATING LEARNING CYCLE 5E MANAGEMENT WITH ISLAMIC VALUES IN ELEMENTARY SCHOOL. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 142-156.

Ardianti, Y. Amalia, N 2022. Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan,6, 399-407

Baginda, M. 2016. Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah, Jurnal Ilmiah Iqra’ 10, 1-12

Badan Standar dan Asesmen Kurikulum 2021. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: KEMENDIKBUDRISTEK, 2021.

I Gusti Ngurah Santika, Ni Ketut Suarni, I Wayan Lasmawan, 2022. Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu, Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan,10, 694-700

Kartini, D, Dewi, D A 2021. Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar, Jurnal Edu PsyCouns 3, 113-118

Mery, Martono , Siti Halidjah , Agung Hartoyo. 2022. Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jurnal Basicedu 6, 7840-7849

Rachmadyanti, P. 2017. Penguatan pendidikan Karakter bagi Siwa Sekolah Dasar Melalui Kearifan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, 201-214

Rahmadayanti, D. Hartoyo, A 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu 6, 7174-7187

Ridwan, M., & Mulasih, M. (2022). Analysis Of Moral Values In Lencana Alia™ Children Story By Esti Asmala. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 9(2), 180-184.

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. 2023. Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3).

Siska Eko Mawarsih, Susilaningsih, Nurhasan Hamidi, 2013. Pengaryh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo, Jupe UNS, 1, 1-13

Siswati, S. 2019. Pengembangan Soft Skill Dalam Kurikulum Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Jurnal Pendidikan, 17, 264-273

Widarto. Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Vokasi Melalui Clop-Work. Yogyakarta: Paramitra publishing, 2011. 13

Winarsih, B, 2022, Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III melalui Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, 2388-2392




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v6i2.11914

Article Metrics

Abstract views : 390| 812-817 views : 434

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: