Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing di Kelas VI MI Thowalib Pesagen Gunungwungkal Pati
Abstract
Keywords
Teks Lengkap:
121-130Referensi
Agustin, D. N., Saputro, B. A., & Poncowati, L. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Metode Role Playing pada Materi Hak dan Kewajiban Kelas III SD Negeri Wonotingal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1), 15192–15198.
Ardyaningsih, F., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2021). Penerapan Model Make a Match dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV SDN Talun 02 Pati. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7 (2), 1064–1069. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9165
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aris. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Cirebon: Wiyata Bestari Samasta.
Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Karangbener Menggunakan Model Think Pairs Share. Edubase: Journal of Basic Education, 1 (2), 54. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i2.141
Astuti, T. B., Subekti, E. E., & Fitriani, P. R. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 6 Muatan Pelajaran IPA Materi Gerakan-gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Cerdas Mendidik, 1 (2), 22–31.
Aviari, B. A., & Rohyana, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Role Playing Pada Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Bela Alifia Aviari. 7 (1), 2289–2302. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8665
Barokati. (2023). Penerpan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kisah Keteladanan Nabi. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3 (1), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/elementary.v3i1.1973
Bayu Radya, W., Fajrie, N., & Ardana Riswari, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Monopoli terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD 3 Paduren. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17 (2), 93–100. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.9061
Erawati, R., Sayidiman, & Patta, R. (2023). Pengaruh Model Role Playing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Pinisi: Journal of Education, 3 (1), 92–108.
Fadhilah, A., & Iaulay, M. I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menerapkan Metode Role Playing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1), 3392–3399.
Fahrurrozi, Edwita, Bintoro, T., Kusmawati, A. P., Zakiah, L., Sundari, F. S., Murnivianty, L., Simbolon, M. E., Prasihman, M., & Mulyawati, Y. (2022). Model-model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jakarta: UNJ Press.
Failani, A., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2023). Pembelajaran Berbantuan Project Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa. Khazanah Pendidikan, 17 (2), 205. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18533
Faridah. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Role Playing pada Materi Berani Berperilaku Syaja’ah dalam Kejujuran Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya Indonesia. Prosiding: Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3 (1), 1550–1561.
Febrianti, A. N., Fajrie, N., & Masfuah, S. (2023). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Theater dan Metode Bermain Peran (Role Playing). Innovative: Jurnal of Social Science Researc, 3 (4), 1370–1380.
Firdaus, F. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas di SD/MI. Yogyakarta: Samudra Biru.
Firdayanti, R., Fajrie, N., & Sumarwiyah, S. (2021). Penerapan Model Numbered Head Together Berbantu Gambar Ilustrasi untuk Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SD. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (2), 68–73. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.5149
Fitriyani, F., & Fathurrahman, I. (2021). Kemampuan Menyusun Teks Cerita Pendek dengan Metode Simulasi melalui Film Nyai Ahmad Dahlan pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3 (2), 140. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4308
Hanum, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih melalui Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Pada Siswa Kelas XI PK 1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5 (2), 4510–4515. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14151
Hartati, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4 (1), 20–37. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jesa.v4i1.1058
Herni, T. (2023). Upaya Peningatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa MTs Negeri 4 Tebo melalui Pembelajaran Role Playing. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 3 (1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/paedagogy.v3i1.2098
Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10 (2), 554. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7190
Kurniasih, I., & Sani, B. (2020). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.
Kusasi, I. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan Metode Role Playing di SMA IT Baiturrahman Buntok. Prosiding: Pendidikan Profesi Guru Agama Isllam, 3 (1), 1185–1194.
Maghribi, L. R., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament di SD Margorejo 01 Kecamatan Pati. Journal on Education, 5 (3), 5917–5924.
Mahfud, Pradana, D. A., & Susintowati. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Kertosari. Mutiara PGSD, 1 (1), 36–42. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5345
Martini. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Materi Berbusana pada Kelas X OTKP di SMKS YPKK Limbung. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam , 3 (1), 1553–1560.
Masang, A. (2021). Hakikat Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1 (1), 14–31.
Maulida, D. H., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas VI SD Negeri Perdopo 02 Gunungwungkal. Journal on Education, 5 (2), 3381–3387. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1013
Muhammad Nur Hadi, Syaifullah, & Wiwin Fachrudin Yusuf. (2022). Inovasi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mu’allim, 4 (1), 53–66. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i1.2948
Nirwanto, B. G., Murtono, & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9 (2), 275–283. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503
Nisai, M., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN 5 Gondoharum Kudus Melalui Model TGT dan Media Daper. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6 (3), 264–274. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960155
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Rahayu, T., Kuniati, D., & Fajrie, N. (2023). Pengembangan Media Lagu dan Video dalam Pembelajaran terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Baturno Kabupaten Rembang. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1 (4), 172–178.
Rahmaniati, R. (2024). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Rumiyati. (2021). Model Talking Stick sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Saepudin Kanda, A., & Rustini, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran di MA Nurul Iman. Jurnal Ilmiah Research Student, 1 (3), 566–579.
Salukhfeto, S. (2024). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas V SDN Oespa Kecil 2. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan, 5 (4), 456–464.
Saparudin, Y. (2023). Pembelajaran IPA, Kompetensi Guru, dan Supervisi. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Sari, W. S. K., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6 (1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4787
Satria, E. P., Fathurohman, I., & Ardianti, S. D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD melalui Model Teams Games Tournament dan Media Scrapbook. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 45–51. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26954
Secha, M. N., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Strategi Pembelajaran Concept Mapping dengan Media CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Journal on Education, 5 (3), 5841–5848.
Shofa, I., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9 (1), 160–169. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290
Sofiana, R. A., Fajrie, N., & Hilyana, F. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7 (5), 3027–3034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5969
Solihin, I. (2023). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Indonesia Siswa Kelas IV SDN 12 Sindue. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4 (1), 11–25. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v4i1.473
Sunarto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Penerapan Model Role-Playing di Kelas V SDN Jarin 4 Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal on Education, 5 (4), 13967–13975. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2416
Tamarudin, A., & Fathurohman, I. (2020). Analisis Faktor Otentik Kesulitan Belajar Program Linier Berbasis Problem-Based Learning. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (1), 8–14. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4142
Ulmarhamah, L. N., & Waldi, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen NKRI Menggunakan Model Role Playing di SDN 05 Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2), 3419–3428.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Warso, A. W. D. D. W. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya. Yogyakarta: Deepublish.
Zuliyanti, N., Fathurohman, I., & Utaminingsih, S. (2021). Analisis Kebutuhan Modul Berbasis Permainan Edukatif Di Era 4.0 Dengan Model Discovery. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4 (1), 70–76. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5974
Zulmiyetri, Safaruddin, & Nurhastuti. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.12911
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: