Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing di Kelas VI MI Thowalib Pesagen Gunungwungkal Pati


Abstract


This research is base on problem, exist in the class VI MI Thowalib Pesagen in science subjects on the Solar System. These problems include decreased student learning outcomes, learning is less interesting and students are less engaged in their studies. This study aims to determined use roles method in improving student learning outcomes on the Solar System material in class VI Semester II MI Thowalib Pesagen Gunungwungkal Pati Academic Year 2023/2024. In the type on research is Classroom Action in the result is show in the first cycle the student in learn out the pre-action learn out come, were original 5 students (27.78%) to 11 students (61.11%) in cycle I and experience another cycle 17 students (94.44%). So it can be said Role Playing can improve student learn outcomes.

Keywords


Learning Outcomes; Role Playing; Science; Solar System

Teks Lengkap:

121-130

Referensi


Agustin, D. N., Saputro, B. A., & Poncowati, L. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Metode Role Playing pada Materi Hak dan Kewajiban Kelas III SD Negeri Wonotingal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1), 15192–15198.

Ardyaningsih, F., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2021). Penerapan Model Make a Match dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV SDN Talun 02 Pati. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7 (2), 1064–1069. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i2.9165

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aris. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Cirebon: Wiyata Bestari Samasta.

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Karangbener Menggunakan Model Think Pairs Share. Edubase: Journal of Basic Education, 1 (2), 54. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i2.141

Astuti, T. B., Subekti, E. E., & Fitriani, P. R. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 6 Muatan Pelajaran IPA Materi Gerakan-gerakan Bumi, Bulan, dan Matahari melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Cerdas Mendidik, 1 (2), 22–31.

Aviari, B. A., & Rohyana, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Role Playing Pada Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Bela Alifia Aviari. 7 (1), 2289–2302. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8665

Barokati. (2023). Penerpan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kisah Keteladanan Nabi. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3 (1), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/elementary.v3i1.1973

Bayu Radya, W., Fajrie, N., & Ardana Riswari, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Monopoli terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD 3 Paduren. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17 (2), 93–100. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.9061

Erawati, R., Sayidiman, & Patta, R. (2023). Pengaruh Model Role Playing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Pinisi: Journal of Education, 3 (1), 92–108.

Fadhilah, A., & Iaulay, M. I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menerapkan Metode Role Playing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (1), 3392–3399.

Fahrurrozi, Edwita, Bintoro, T., Kusmawati, A. P., Zakiah, L., Sundari, F. S., Murnivianty, L., Simbolon, M. E., Prasihman, M., & Mulyawati, Y. (2022). Model-model Pembelajaran Kreatif dan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jakarta: UNJ Press.

Failani, A., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2023). Pembelajaran Berbantuan Project Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa. Khazanah Pendidikan, 17 (2), 205. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18533

Faridah. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Role Playing pada Materi Berani Berperilaku Syaja’ah dalam Kejujuran Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya Indonesia. Prosiding: Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3 (1), 1550–1561.

Febrianti, A. N., Fajrie, N., & Masfuah, S. (2023). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Theater dan Metode Bermain Peran (Role Playing). Innovative: Jurnal of Social Science Researc, 3 (4), 1370–1380.

Firdaus, F. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas di SD/MI. Yogyakarta: Samudra Biru.

Firdayanti, R., Fajrie, N., & Sumarwiyah, S. (2021). Penerapan Model Numbered Head Together Berbantu Gambar Ilustrasi untuk Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa SD. Wasis : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (2), 68–73. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.5149

Fitriyani, F., & Fathurrahman, I. (2021). Kemampuan Menyusun Teks Cerita Pendek dengan Metode Simulasi melalui Film Nyai Ahmad Dahlan pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3 (2), 140. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4308

Hanum, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih melalui Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Pada Siswa Kelas XI PK 1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5 (2), 4510–4515. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14151

Hartati, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4 (1), 20–37. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jesa.v4i1.1058

Herni, T. (2023). Upaya Peningatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa MTs Negeri 4 Tebo melalui Pembelajaran Role Playing. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 3 (1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/paedagogy.v3i1.2098

Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10 (2), 554. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7190

Kurniasih, I., & Sani, B. (2020). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.

Kusasi, I. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan Metode Role Playing di SMA IT Baiturrahman Buntok. Prosiding: Pendidikan Profesi Guru Agama Isllam, 3 (1), 1185–1194.

Maghribi, L. R., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament di SD Margorejo 01 Kecamatan Pati. Journal on Education, 5 (3), 5917–5924.

Mahfud, Pradana, D. A., & Susintowati. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Kertosari. Mutiara PGSD, 1 (1), 36–42. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5345

Martini. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Materi Berbusana pada Kelas X OTKP di SMKS YPKK Limbung. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam , 3 (1), 1553–1560.

Masang, A. (2021). Hakikat Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1 (1), 14–31.

Maulida, D. H., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ipa Kelas VI SD Negeri Perdopo 02 Gunungwungkal. Journal on Education, 5 (2), 3381–3387. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1013

Muhammad Nur Hadi, Syaifullah, & Wiwin Fachrudin Yusuf. (2022). Inovasi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mu’allim, 4 (1), 53–66. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i1.2948

Nirwanto, B. G., Murtono, & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9 (2), 275–283. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503

Nisai, M., Fathurohman, I., & Purbasari, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN 5 Gondoharum Kudus Melalui Model TGT dan Media Daper. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6 (3), 264–274. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960155

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Rahayu, T., Kuniati, D., & Fajrie, N. (2023). Pengembangan Media Lagu dan Video dalam Pembelajaran terhadap Minat dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Baturno Kabupaten Rembang. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1 (4), 172–178.

Rahmaniati, R. (2024). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Rumiyati. (2021). Model Talking Stick sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar. Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Saepudin Kanda, A., & Rustini, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran di MA Nurul Iman. Jurnal Ilmiah Research Student, 1 (3), 566–579.

Salukhfeto, S. (2024). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas V SDN Oespa Kecil 2. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan, 5 (4), 456–464.

Saparudin, Y. (2023). Pembelajaran IPA, Kompetensi Guru, dan Supervisi. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Sari, W. S. K., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6 (1), 23–31. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4787

Satria, E. P., Fathurohman, I., & Ardianti, S. D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD melalui Model Teams Games Tournament dan Media Scrapbook. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 45–51. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26954

Secha, M. N., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Strategi Pembelajaran Concept Mapping dengan Media CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Journal on Education, 5 (3), 5841–5848.

Shofa, I., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Roda Putar untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9 (1), 160–169. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.28290

Sofiana, R. A., Fajrie, N., & Hilyana, F. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7 (5), 3027–3034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5969

Solihin, I. (2023). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Indonesia Siswa Kelas IV SDN 12 Sindue. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4 (1), 11–25. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v4i1.473

Sunarto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS melalui Penerapan Model Role-Playing di Kelas V SDN Jarin 4 Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal on Education, 5 (4), 13967–13975. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2416

Tamarudin, A., & Fathurohman, I. (2020). Analisis Faktor Otentik Kesulitan Belajar Program Linier Berbasis Problem-Based Learning. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (1), 8–14. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4142

Ulmarhamah, L. N., & Waldi, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Elemen NKRI Menggunakan Model Role Playing di SDN 05 Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2), 3419–3428.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Warso, A. W. D. D. W. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya. Yogyakarta: Deepublish.

Zuliyanti, N., Fathurohman, I., & Utaminingsih, S. (2021). Analisis Kebutuhan Modul Berbasis Permainan Edukatif Di Era 4.0 Dengan Model Discovery. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4 (1), 70–76. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5974

Zulmiyetri, Safaruddin, & Nurhastuti. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.12911

Article Metrics

Abstract views : 14| 121-130 views : 7

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: