Implementasi Metode Pembelajaran GASING untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ika Hardiyan Aksari, Irfa’i Fathurrohman, Nur Fajrie

Abstract


Pembelajaran matematika di SD adalah dasar pengetahuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk bekal menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya. Akan tetapi, banyak siswa yang kurang berminat dengan pembelajaran Matematika sehingga hasil belajarnya tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Guru harus selalu melakukan inovasi untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan mengimplementasikan metode pembelajaran GASING (Gampang, AsyIk, dan MenyenaNGkan) dan dipadukan dengan permainan sehingga siswa tertantang, aktif, dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan antusias. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan implementasi metode pembelajaran matematika pada materi penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one group pretest posttest design. Sebelum pembelajaran, peneliti melaksanakan pretest, kemudian pemberian perlakuan berupa implementasi metode pembelajaran GASING, dan di akhir pembelajaran dilaksanakan posttest. Data yang terkumpul kemudian diuji dengan N-Gain yang menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran GASING dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa yang sebelum perlakuan hanya sebesar 44,5 menjadi 81,8 dengan nilai ketuntasan dari 13% menjadi 86%. Hasil uji N-Gain pada penelitian ini mendapat kategori sangat tinggi, yaitu 0,8 yang menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran GASING sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i2.12978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Prakarsa Paedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status

Country of Origin of Visitors:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: