Enam Karakter Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa

Sri Florina Laurence Zagoto
I Wayan Suastra

Abstract


Nowadays, national problems continue to emerge in the world of education, including intolerance which violates the values of Pancasila. Therefore, the Ministry of Education and Culture continues to strive to overcome these various problems. One of the efforts made was to initiate the Pancasila Student Profile, a profile of the ideal Indonesian student, of course according to Pancasila. The aim of this research is to find out more about what the Pancasila Student Profile is, and what its implications are for students' personal resilience. The method used in this research is a qualitative method. The research results show that the Pancasila Student Profile includes noble character, independence, critical reasoning, creativity, mutual cooperation and global diversity. The Pancasila Student Profile has implications for students' personal resilience because it directs students to become individuals with character in accordance with Pancasila which is summarized in a Pancasila Student Profile.

Keywords


Profil Pelajar Pancasila; Ketahanan Pribadi Siswa

Teks Lengkap:

20-36

Referensi


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2019, Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia, Jakarta: Polling Indonesia. Data Survei Diambildalam Kurun Waktu 9 Maret-14 April 2019, dan Dirilis Tahun 2019, hh. 7.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2019, Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia,Jakarta: Polling Indonesia. Data SurveiDiambildalam Kurun Waktu 9 Maret-14April 2019, dan Dirilis Tahun 2019, hh.46.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), 2020, Teropong Radikalisme, Diakses di

.

Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) UIN Syarif Hidayatullah, 2019, Kondisi Radikalisme Termutahir di Indonesia, Jakarta.

Creswell, J., W., 2016, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Esy, 2021, jppn.com, 23/01/2021, Kasus Intoleransi di SMKN 2 Padang, Kemendikbud Keluarkan Pernyataan Tegas, Editor: Esy. Diakses di , Diakses pada 12 Juni 2021.

Kalidjernih, Freddy K., 2011, Puspa Ragam, Konsep dan Isu Kewarganegaraan, Bandung: Widya Aksara.

Lie, Anita, 2021, Profil Pelajar Pancasila dan Konsolidasi di Sekolah, Kompas, edisiJumat, 29 Januari 2021.

Kearney, 2020, Dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mei, 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020, Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, Diakses di link .

Khozim, W., 2013. “Sikap Keagamaan dan Potensi Radikal Agama Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama,” dalam Edukasi, Vol 11, No. 3, hh. 289-304.

Latif, Yudi, 2018, Wawasan Pancasila: Bintang Penuntun untuk Pembudayaan, Jakarta: Mizan.

Pusat Penguatan Karakter, 2020, Infografis Profil Pelajar Pancasila, diakses di

.

Pusat Penguatan Karakter, 2020, Capaian Satu Tahun Kolaborasi dengan Tokoh Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta: PUSPEKA.

Raharjo, Armaidy Armawi, Djoko Soerjo, 2017, “Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah)”, dalam Jurnal Ketahanan Nasional, Vol 23 No. 2, hh175-198.

Rahma, A & Wibowo, Eko Ari, 2021, Tempo.co, 24/01/2021, Kasus Jilbab di SMKN2 Padang, P2G: Kasus Intoleransi Banyak Terjadi. Reporter: Andita Rahma, Editor: Eko Ari Wibowo, diaksesdi link: .

Riset Grup Filsa fat dan P o l i t ik Kewarganegaraan PPKn FKIP UNS, 2018, Karakterisasi Kewarganegaraan Indonesia Dalam Perspektif Sejarah dan Hukum, Dokumen Laporan Penelitian RG Filsafat Politik Kewargenagaraan, 2018.

Riset Grup Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, PPKn FKIP UNS, 2019. Strategi Peningkatan Capaian pembelajaran Mata kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pengembangan desain instruksional Berorientasi KKNI, Dokumen Laporan Penelitian RG Pembelajaran dan Pendidikan Kewrganegaraan, 2019.

Riset Grup Filsa fat dan P o l i t ik Kewarganegaraan PPKn FKIP UNS, 2020, Konstruksi Pengembangan Materi Pembelajaran PPKn Kajian Bhinneka Tunggal Ika Berbasis Isu Aktual, Dokumen Laporan Penelitian RG Filsafat Politik Kewargenagaraan, 2020.

Rohim, Ade Nur, 2020, “Relevansi Nilai Dasar Bela Negara Dengan Pembayaran Zakat dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi”, dalam Jurnal Ketahanan Nasional, Vol 26, No. 3, Desember 2020, hh. 293-307.

Salouw, Joniel Hendrik, Suharno, Rostin Talapessy, 2020, “Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Untuk Mewujudkan Ketahanan Pribadi Siswa Melalui Pembelajaran PPKn (Studi Kasus Di SMA 1 Wonreli Maluku Barat Daya)”, dalam Jurnal Ketahanan Nasional, Vol 26 No. 3, Desember 2020

hh. 380-398.

Set yowat i, Agnes, 2019, “Strategi Menyelamatkan Pancasila”, Artikel initelah tayang di Kompas.com, diakses di .

Sugiarto, 2020, “Strategi Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dalam Program Deradikalisasi di Indonesia”, dalam Jurnal Pertahanan &Bela Negara, Vol 10 No. 2. hh. 209-226.

The Habibie Center, 2019, Memberantas Terorisme di Indonesia: Praktik, Kebijakan dan Tantangan, Tersedia/ dapat diakses di Link .

The Wahid Institute, 2019, Yenny Wahid: Intoleransi dan Radikalisme Masih Jadi PR Pemerintahan Mendatang, Tersedia/dapat diakses di Link: .

Tirto.co.id, 2019, Indeks Pendidikan IndonesiaRendah, Daya Saing pun Lemah, diakses di link .

United Nations Development Programme (UNDP), 2016, Indeks Pembangunan Manusia Global dan Asean.

World Economic Forum, dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020- 2035, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mei, 2020.

Wreksosuhardjo, Sunarjo, 2007, Pancasila & Kejawen. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNSdan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Zaking, S. & Adikara, B., 2021, JawaPos. com, 29/01/2021, Nadiem Ancam Pecat Jajaran SMKN 2 Padang, Kepsek: Salah Saya di Mana?. Reporter: Saifan Zaking, Editor: Banu Adikara. Link: https://www.jawapos.com/nasional/ pendidikan/29/01/2021/nadiem-ancam- pecat-jajaran-smkn-2-padang-kepsek- salah-saya- di-mana/ (diakses pada 12 Juni 2021).

Zuriah, N., 2009, Metode Penelitian Sosial dan pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.13389

Article Metrics

Abstract views : 13| 20-36 views : 10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: