Pull-Out Sains Box Berbasis Quick Respons Code untuk Meningkatkan Kemampuan Science Wujud Benda Pada Siswa Tunagrahita di SLB N Purwosari Kudus

Aisyah Nungki Wulandari, Reisya Aliyya Ramadhani, Dzikri Sabiqul Ula, Nafar Ja’far Ashidiqi, Fina Fakhriyah

Abstract


Tunagrahita adalah seseorang yang memiliki kemampuan khusus dengan keterbelakangan mental, intelektual, dan kognitifnya berbeda denan orang umumnya. Pemerintahan mendirikan sekolah khusus untuk anak penyandang kebutuhan khusus yaitu Sekolah Luar Biasa (SLB). Seorang guru khususnya guru di sekolah luar biasa harus mempunyai kemampuan untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan mudah dimengerti oleh siswa sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar. Tujuan kagiatan sosialisasi dan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan pemanfaatan teknologi kepada guru SLB N Purwosari Kudus guna meningkatkan kemampuan science siswa pada materi wujud benda. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan interaktif dan pendampingan pelaksanaan. Kegiatan ini memberikan dampak kepada guru sehingga mampu membuat, mendesain, dan mengimplementasikannya kepada siswa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk siswa tunagrahita di SLB N Purwosari Kudus. Sehingga siswa akan merasa tertarik untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Keywords


Media Pembelajaran, Pull-Out Sains Box, Wujud Benda; Teknologi; Quick Respon Code; Tunagrahita

References


Andi Srimularahmah, S. B. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan Pada. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME).

Asmayanti et al. (2022). Penggunaan Media Video Berbasis Poowton pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Tunagarahita di Sekolah Luar Biasa.

Fadiana, R. e. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Semiotik Dengan Media Buku Pop Up . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat .

Faisah et al. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di.

Indah & Safaruddin. (2022). Pengembangan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran.

Melati et al. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education.

Ningsih, A. D. (2022). Penyandang Disabilitas, Antara Hak Dan Kewajiban. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam.

Panggabean et al . (2024). Teknologi Media Pembelajaran Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era Digital.

Pradnyana, P. S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif PPKN untuk Siswa Tunagrahita dengan Konsep Gamifikasi . Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kemajuan .

Rahajeng, U. W. (2022). Praktik Pendidikan bagi penyandan disabilitas.

Salsabila eat al. (2022). OPTIMASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam.

Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK TUNA GRAHITA.

Suhartawa et al. (2024 ). Konsep Dasar Media Pembelajaran .

Syarifah, U. S. (2021). Penggunaan Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Minat.

Yasin et al. (2023). Media Pembelajaran Inovatif (Menerapkan Media Pembelajaran Kreatif untuk Menyongsong Pendidikan di Era Society 5.0.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i1.14684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Prakarsa Paedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status

Country of Origin of Visitors:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: