Amaedola Ononiha sebagai Sumber Pendidikan Karakter dalam Layanan Bimbingan Konseling yang Inovatif

Sri Florina Laurence Zagoto, Ni Komang Sri Yuliastini, I Wayan Indra Praekanata, Putu Ari Dharmayanti, Ni Ketut Suarni

Abstract


Salah satu sumber nilai-nilai karakter yang dapat diterapkan dalam pendidikan adalah peribahasa yang ada di masyarakat. Salah satu contohnya adalah Amaedola Ononiha pada masyarakat suku Nias. Amaedola Ononiha memiliki peran penting dalam membentuk karakter masyarakatnya. Pepatah-pepatah ini bukan sekadar kumpulan kata bijak, melainkan cermin dari nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menerapkan pendekatan studi pustaka, yang merupakan jenis penelitian yang melibatkan analisis dan sintesis literatur atau kumpulan sumber informasi yang relevan dengan topik penelitian. Suku Nias memiliki beragam peribahasa yang mengandung nilai kearifan lokal. Peribahasa tradisional ini merupakan sumber berharga bagi pendidikan karakter di sekolah, maupun di luar sekolah. Melalui peribahasa tersebut, masyarakat suku Nias mengajarkan nilai-nilai religi, santun berbicara, jujur, bijak mengambil keputusan, bekerjasama, teguh pendirian, bertanggungjawab, tidak cepat menyerah atau berputus asa, dan lain sebagainya. Nilai-nilai ini menjadi pondasi dalam membentuk karakter peserta didik sekaligus upaya untuk membangun bangsa yang kuat, bermoral, dan memiliki identitas budaya yang kokoh.

Keywords


Amaedola Ononiha; Pendidikan Karakter; Bimbingan Konseling; Inovatif

References


Arifin, N. F. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Kelas VIII D dan E di MTs Al-Maarif 01 Singosari Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/13001/.

Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur : Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4325-4336. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800.

Handayani, H., Harmawati, Y., Widhiastanto, Y., & Jumadi, J. (2022). Relevansi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Pendidikan Moral. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 114–120. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/2371.

Indasari, M. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Siswa Terhadap Pahlawan Nasional Sultan Mahmud Badaruddin Ii Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri Se-Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Inovasi Sekolah Dasar, 3(2), 1–7.

Laia, B., Zagoto, S., Sarumaha, M. S., Laiya, R. E., Dakhi, A. S., dkk. (2023). Budaya Nias. Suka Bumi: CV. Jejak https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1056

Lase, F. (2022). Kesantunan Tindak Tutur Dalam Amaedola Ononiha Untuk Mendidik Peserta Didik Nilai-Nilai Karakter Cerdas. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 645–657. Https://Doi.Org/10.56248/Educativo.V1i2.86.

Nugraha, A. R., Perbawasari, S., Zubair, F., Novianti, E., Nugraha, A. R., Perbawasari, S., ... Novianti, E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif Berbasis Potensi Wisata Dan Kearifan Lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 123–132. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/3546.

Nurhabibah, P., & Widiawati, H. (2021). Eksplorasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Petatah-Petitih Sunan Gunung Jati. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(1), 52–64. https://doi.org/10.25134/fon.v17i1.4195.

Qodariah, L., & Armiyati, L. (2013). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Kampung Naga Sebagai Alternatif Sumber Belajar. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 10–20. https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5338

Zendrato, D. (2005). Amaedola Nono Niha. Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Gunungsitoli.

Zsantana, P. N., & Suwanda, I. M. (2022). Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dan Moral Melalui Program 5s (Senyum Sapa Salam Sopan Santun) Di Smk Negeri 1 Trenggalek Pada Masa Pandemi Covid-19 Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 222–236. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/48882.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v7i2.14687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Prakarsa Paedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status

Country of Origin of Visitors:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: