Studi Korelasi Fasilitas Kuliah Ergonomis dan Motivasi Belajar
Abstract
Kegiatan perkuliahan adalah proses pendidikan yang fundamental bagi mahasiswa. Keberhasilan perkuliahan didukung adanya motivasi belajar sebagai energi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu motivasi belajar yang berperan adalah motivasi ekstrinsik yang berasal dari kondisi lingkungan. Sarana perkuliahan yang ergonomis merupakan salah satu elemen penting lingkungan belajar. Penelitian ini adalah penelitian korelasional untuk menguji ada tidaknya hubungan antara sarana perkuliahan ergonomis dengan motivasi belajar mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Tidar 292 menggunakan Teknik simple random sampling. Instrumen pengukuran menggunakan angket sarana perkuliahan ergonomis dan skala motivasi belajar. Hasil uji korelasi Pearson Product-Moment menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000< 0,05 yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara sarana perkuliahan ergonomis dengan motivasi belajar. Nilai koefisien sebesar 0,420 yang artinya hubungan kuat yang positif. Semakin baik sarana perkuliahan ergonomis, maka semakin tinggi tingkat motivasi belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, R. D. (2023). Design of Intervention for Operator in the Inspection Department of PT. XY Using Pahl and Beitz Method. Lecture Notes in Mechanical Engineering, 67–85. https://doi.org/10.1007/978-981-99-1245-2_7
Brown, H. A. (2018). “There’s always stomach on the table and then I gotta write!”: Physical space and learning in fat college women. Fat Studies, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.1080/21604851.2017.1360665
Dewi, V. R., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik motivasi ekstrinsik dan intrinsik siswa SMP dalam belajar matematika. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(2), 116-128.
Dieter, G. E. (2000). Engineering Design : A Material & Processing Approach 3rd Edition. Maryland: McGraw Hill Inc.
Ernita, Tri I. (2018). Rancang Bangun Meja dan Kursi Belajar Secara Ergonomi Di Bengkel Las Nuansa Teknik Lumbuk Buaya Padang. Sains dan Teknologi, 18(1), 1
Firdausi, F. T. (2019). Pengaruh Kenyamanan Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1).
Gumasing, M. J. J., & Castro, F. M. F. (2023). Determining ergonomic appraisal factors affecting the learning motivation and academic performance of students during online classes. Sustainability, 15(3), 1970.
Haryanto, K. Wardhani, and S. K. Sari, “Hubungan Duduk Lama Dan Ketidaksesuaian Kursi Terhadap Nyeri Punggung Bawah Pada Penjahit,” J. Kedokt. STM (Sains dan Teknol. Med., vol. 5, no. 1, pp. 17–21, 2022,https://doi.org/10.35194/jmtsi.v8i2.4409
Holcomb, K. (2022). “Where do we fit in?”: Exploring a Sense of Belonging Among Fat College Students. Grand Valley State University. https://scholarworks.gvsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=2053&context=theses
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210.
Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Mengajar Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Nw Kotaraja Lombok Timur, Ntb. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 1890-1909.
Lazaro, J. G. M. (2021). Design And Set Up Of A Pulverized Panela Machine. Periodicals of Engineering and Natural Sciences, 9(4), 812–828. https://doi.org/10.21533/pen.v9i4.1989
Muhaimin, M., Jumriani, J., Alviawati, E., & Angriani, P. (2023). Urgensi Kenyamanan Termal dalam Perspektif Pembelajaran. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 7(1), 23-32.
Permana, A., & Syafruddin, A. I. (2016). Key-in 2017: Harapan Key-in Ras Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 8(2).
Pintrich, P. R. (2003). A motivational science perspective on the role of student motivation in learning and teaching contexts. Journal of educational Psychology, 95(4), 667.
Rahayuningsih, Sri S. A. S. (2018). Perancangan Kursi dan Meja Lipat untuk Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Kediri). Prosiding (Seminar Nasional Sains dan Teknologi), 1(1), 2.
Ramdani, F. (2024). Designing and constructing of a laboratory scale concrete roof tile dryer. E3S Web of Conferences, 479. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202447905006
Safitri, W. R. (2016). Analisis Korelasi Pearson dalam Menentukan Hubungan antara Kejadian Demam Berdarah Dengue dengan Kepadatan Penduduk di Kota Surabaya Pada Tahun 2012-2014. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 2(2), 21-29.
Sengupta, S., & Guchhait, S. K. (2024). While stairing up: perceiving shades of academic motivation of high school first-generation learners and desired academic outcomes. Discover Education, 3(1), 1-28.
Serarawani, P. N. (2020). Pengembangan Perancangan Alat Mixing Sabun Cair Yang Sesuai Kaidah Ergonomi. Jurnal Valtech, 3(1)s, 76
Setiyawati, H. M. (2023). Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Sarana Dan Prasarana Yang Ergonomi Dan Kenyamanan Ruang (Studi pada Mata Pelajaran Praktek Komputer Di SMK 1 Wonosobo). Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(2), 293-300.
Soeprapto, E. F. (2023). Innovation of batik fixation machine with Pahl and Beitz methods. AIP Conference Proceedings, 2706. https://doi.org/10.1063/5.0121482
Steck, P. (2022). Synthesis of passive lightweight orthoses considering human-machine interaction. Proceedings of the 33rd Symposium Design for X, DFX 2022. https://doi.org/10.35199/dfx2022.11
Sutajaya, P. W. M. I. M. (2016). Ergonomi dalam pembelajaran menunjang profesionalisme guru di era global. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 82-96.
Terapan, J., Industri, T., & Kurnia, F. (2024).Pengukuran antropometri untuk diterapkanpada perancangan kursi kuliah mahasiswa Anthropometry measurement to propose on student university chair design.5 (November), 213–221.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v8i1.15093
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Prakarsa Paedagogia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status
Country of Origin of Visitors:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: