Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak

Sri Ainur Rohmah
Fina Fakhriyah
Sekar Dwi Ardianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa (aktivitas afektif dan psikomotorik), dan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model Contextual Teaching And Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA di SD 1 Bakalan Krapyak Kudus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV . Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA melalui model Contextual Teaching And Learning berbantuan media kotak lingkungan hewan meningkat setiap siklusnya. Nilai Rata-rata keterampilan guru siklus I yakni 67 (perlu bimbingan), kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,09 (baik). Nilai rata-rata aktivitas afektif siklus I dengan nilai 71,27 (perlu bimbingan), siklus II meningkat menjadi 88,01 (baik). Nilai rata-rata aktivitas psikomotorik siklus I dengan nilai 74,89 (perlu bimbingan), siklus II meningkat menjadi 86,3 (baik).  Nilai rata-rata pemahaman konsep pada siklus I nilai rata-rata 72,58 (perlu bimbingan), meningkat pada siklus II menjadi 85,95 (baik).


Teks Lengkap:

185-191


DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.3718

Article Metrics

Abstract views : 315| 185-191 views : 390

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: