Mengatasi Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Behavioristik Dengan Teknik Behavior Contract

Miftah Khorirur Rokhman
Sucipto Sucipto
Masturi Masturi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab prokrastinasi akademik siswa SMA 1 Gebog Kudus. 2. Mengetahui keberhasilan layanan konseling behavioristik dengan teknik behavior contract untuk mengatasi prokrastinasi siswa SMA 1 Gebog Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Studi Kasus dengan metode kualitatif yaitu metode penelitian berdasarkan pengumpulan data secara subjektif yang dialami oleh pihak yang diteliti.  Subjek yang diteliti adalah 3 siswa SMA 1 Gebog Kudus yang memiliki tingkat prokrastinasi akademik tinggi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan tiga tahapan yaitu, reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa prokrastinasi akademik yang dialami siswa SMA 1 Gebog Kudus dapat diatasi menggunakan layanan konseling behavioristik dengan teknik behavior contract.

Teks Lengkap:

1-10

Referensi


Aini, Aliya Noor. 2011. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1 (2), 65-71.

Aliyatunnisa, Dwi. 2012. Upaya Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik (Penundaan Tugas) Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa SMA N 1 Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2008. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Corey, Gerald. 2013 .Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung. Refika Aditama.

Depdikbud. 1997. Studi Kasus. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Umum.

George dan Cristiani. 1990. Theory, Methods, and Process Of Counseling and Psychotheraphy. [Online] http://www.teknikdanmetodekonseling behavior.com (Diakses tanggal 16 Mei 2016)

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawita S. 2012. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Jazuli. 2001. Metode penelitian kualitatif. Semarang: UNNES

Kathkhar, Kimmy. 2013. Hubungan Antara Perilaku Asertif dan Pola Asuh Otoriter Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Kautsarz. 2011. Teknik Pengambilan Data Observasi Wawancara Kuesioner Sampling. [Online] http://kautsarz.wordpress.com/2011/03/26/teknik-pengambilan-data-observasiwawancarakuesionersampling/ (Diakses tanggal 20 Mei 2016)

Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Latipun. 2010. Psikologi Konseling. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Purnamasari, Lilis R. 2012. Teknik-Teknik Konseling. Semarang: Progdi BK FKIP Universitas Negeri Semarang.

Raharjo, Susilo dan Gudnanto. 2012. Pemahaman Individu: Teknik Non Tes. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Rahayu, Iin Tri dan Tristiadi Ardi Ardani. 2004. Observasi dan Wawancara. Malang: Bayumedia

Sudrajat, Akhmad. 2008. Prosedur Layanan Konseling.Online. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com./2016/05/25/prosedur-umum-pelayanan-bimbingan-dan-konseling/ (Diakses tanggal 25 Mei 2016)

Sudrajat, Akhmad. 2017. Ciri-ciri Kasus [Online] http://www.akhmadsudrajat. files.wordpress.com./2017/3/2/ciri-ciri-kasus/ (Diakses tanggal 2 Maret 2017)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramitra.

Surya, Muhammad. 2003. Teori-teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal dan formal. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tondok, M.S., dkk. 2008. Prokrastinasi Akademik dan Niat Membeli Skripsi. Anima, Indonesia Psychological Journal, Vol. 24, No. 1, 76-87.

Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. ADDIN, 11(1), 215-242.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling Study & Karir. Yogyakarta: Andi.

Willis, Sofyan S. 2010. Konseling Individual Konseling dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4310

Article Metrics

Abstract views : 1739| 1-10 views : 4566

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: