Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan

Moh Ahsanulkhaq

Abstract


Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI dan peserta didik. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam membentuk karakter religius melalui metode pembiasaan diantaranya berupa pembiasaan senyum, salam, dan salim (3S), pembiasaan hidup bersih dan sehat, pembiasaan membaca asmaul husna dan doa harian, pembiasaan bersikap jujur, pembiasaan memiliki sikap tanggungjawab, Pembiasaan bersikap disiplin, pembiasaan ibadah, dan pembiasaan literasi Al-Qur’an. Adapun faktor pendukung dalam membentuk karakter religius peserta didik diantaranya adanya dukungan dari orang tua, komitmen bersama warga sekolah, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran peserta didik, dan lingkungan atau Pergaulan peserta didik

Teks Lengkap:

21-33

Referensi


Adisusilo, Sutarjo. (2014).Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai InovasiPendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Afifiddin dan Saebani, Beni Ahmad. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arief, Armai. (2012).Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Aunillah, Nurla Isna. (2011).Panduan Menerapkan Pendidikan Karkater di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Echols John M. dan Shadily, Hasan (2015). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Gunawan, Heri. (2014).Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Jamaluddin, Dindin.(2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Nawawi, Handari. (2015).Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Poerwadarminta, W.J.S. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sani, Ridwan Abdullah dan Kadri, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter, Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya,Wina. (2013).PenelitianPendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, John W. (2009). Educational Psychology, terj. Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika.

Subandi. (2013).Psikologi Agama dan Kesehatan Mental. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2016). Metode PenelitianPendidikan: Metode Kualitatif, Kuantitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafri, Ulil Amri. (2014).Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, Muhibbin. (2016).Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. (2010).Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uhbiyati, Nur. (2013).Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. ADDIN, 11(1), 215-242.

Zubaidi. (2011).Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Article Metrics

Abstract views : 23624| 21-33 views : 38955

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: