Layanan Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Video-Klip Dapat Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Tri Juni Budiastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kedisiplinan belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok berbantuan video klip. Penelitian dirancang dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek yang dipilih adalah siswa kelas IX SMP negeri 2 Susukan Kab. Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indek keberhasilan tingkat kedisiplinan belajar siswa secara klasikal dalam layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan media video-klip pra siklus 22,27%, siklus I mencapai 77,27%, siklus II telah mencapai 100% dan telah melampau indikator keberhasilan secara klasikal 80% sehingga pada tindakan siklus II dinyatakan telah berhasil.

Teks Lengkap:

48-53

Referensi


Aminuddin Najib, 2007. Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta: MGM Prov. DIY.

Aqib, Zaenal. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Muchamad Hadaniyal (2014) Pelaksanaan bimbingan konseling dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MTs NU 08 Gemuh Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

Hibana S Rahman. 2002. Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta: UCY Press.

Moh. Nazir, 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Panitia Sertifikasi Guru. 2009. Bimbingan dan Konseling, Bimbingan Klasikal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Prayitno, 2007, Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah, Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi.

Ratna Megawangi.2009. Pendidikan Karakter, Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Ratna Megawangi dkk. 2011. Pendidikan Holistik. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Rahmawati, Tri Aulia. 2016. Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs Negeri Yogyakarta II: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Surtini. 2016. Strategi Bimbingan dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP N 1 Pengadegan Purbalingga. Skripsi. Purwokerto: IAIN.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. ADDIN, 11(1), 215-242.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4315

Article Metrics

Abstract views : 229| 48-53 views : 307

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: