Peningkatan Disiplin Berseragam Siswa Melalui Bimbingan Kelompok

Muhammad Putro Joko Wasono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kedisiplinan berseragam melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Penelitian dirancang dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek yang dipilih adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri Tengaran Kab. Semarang. Dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis pada keseharian siswa di sekolah, dan catatan panggilan siswa serta catatan kasus siswa menunjukkan penurunan dalam hal pelanggaran siswa dalam memakai seragam sekolah khususnya siswa kelas 8 c semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan khasanah pengetahuan bagi para pembaca pada umumnya, dan sekaligus sebagai dasar penelitian bagi guru khususnya dalam rangka peningkatan dan perbaikan kualitas layanan bimmbingan dan  konseling.

Teks Lengkap:

54-66

Referensi


Amti, Erman. 1991. Bimbingan dan Konseling. Penerbit: Jakarta

Mifzal, Abiyu. 2013. Strategi Pembelajaran untuk Anak Kurang Berprestasi. Jogjakarta: Javalitera.

Mugiarso, Heru, dkk. 2004. Bimbingan Dan Konseling. Semarang: UPT MKDK UNNES.

Mungin, Eddy Wibowo. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Penerbit: Ghalia Indonesia.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prayitno. 2005. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok (Seri Layanan Konseling L.6 L.7).

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UPT UNM PRESS.

Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara

Sedanayasa, Gede dkk. 2010. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Singaraja: Jurusan Bimbingan Konseling

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta; PT Bumi Aksara.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Rajawali Pers.

Utaminingsih, S., Utomo, S., & Zamroni, E. (2017). Strengthening of Indonesian Islamic Character Though Islamic Education Management Based of Soft Skills. ADDIN, 11(1), 215-242.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Winkel W.S dan M.M Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi.

Winkel, WS. 2004. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4316

Article Metrics

Abstract views : 1894| 54-66 views : 7167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: