Meningkatkan Percaya Diri Siswa Saat Berbicara Di Depan Kelas Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama

Aryanti Sagita
Susilo Rahardjo
Richma Hidayati

Abstract


Tujuan penyusunan skripsi sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan tindakan peneliti dalam layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Nalumsari saat berbicara di depan kelas tahun pelajaran 2018/2019. 2. Peneliti memperoleh data peningkatan rasa percaya diri siswasaat berbicara di depan kelas melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Nalumsari tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X IPS 4 SMAN 1 Nalumsari sebanyak delapan siswa yang memiliki rasa percaya diri yang rendah. Analisis data dilakukan dengan teknik mixed method dengan menggabungkan analisis data kuantitatif yang diperkuat oleh data kualitatif agar diperoleh simpulan penelitian yang lebih kuat. Hasil penelitian diketahui percaya diri siswa saat berbicara di depan kelas pada periode pra siklus memperoleh skor 23 (58%) kategori (Kurang). Pada siklus I telah mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 26 (65%) kategori baik. Kemudian siklus II juga mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 30 (74%) masih dalam kategori baik.

Teks Lengkap:

151-162

Referensi


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT BumiAksara.

Al-Uqshari, Yusuf. 2006. Menjadi Pembicara Andal. Jakarta: Gema Insani Press.

Ambarwati, Setyo. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara di Depan Kelas Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling. 2014. No 1. 34-42. Semarang. Pendidikan Bimbingan dan Konseling IKIP Veteran Semarang.

Aristiani, Rina. 2016. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang. 2016. Nomor 2. 182-189. Kudus. SMA Negeri 2 Kudus.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Bechtle, Mike. 2014. Percaya Diri Dalam Berkomunikasi. Terjemahan Yakob Riskihadi. Jakarta: Nafiri Gabriel.

Dariyo, A. dkk. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Cetakan 1. Bandung: PT Refika Aditama

Depdiknas. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal.

Djumhur & Moh. Surya. 2001. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV Ilmu.

Ghufron, M.N dan Risnawati, R.S. 2010. Teori-teori Psikologi. Cetakan 1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, Yopi Prasetyo. 2016. Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Loceret Tahun Pelajaran 2016/2017. Artikel Skripsi. 1-6.

Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Haryati, Asti. 2017. Model Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling. 2017. 1. 28-33. Semarang. Progdi Bimbingan Konseling, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang.

Hendrarno. E. Supriyo & Sugiyo. 2003. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Pres.

Komara, Indra Bangkit. 2016. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir. Psikopedagogia. 2016. No 1. 33-42. Surakarta. Pondok Pesantren Modern Islam Assalam.

Lauster, Peter. 2015. Tes Kepribadian. Terjemahan D.H. Gulo. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Lestari, Indah, Agung SK, Richma Hidayati, dan Edris Zamroni. 2016. Panduan Bimbingan Konseling Sekolah Dasar Berbasis Nilai Gusjigang. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Maliki. 2016. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar (Suatu Pendekatan Imajinatif). Jakarta: Kencana.

Marjanti, Sri. 2015. Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa X IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang. Nomor 2. Kudus. Vol 1.

Mastuti, dan Aswi. 2008. 50 Kiat Percaya Diri. Jakarta: PT. Buku Kita.

Mugiarso, Heru, dkk. 2011. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT UNNES Press.

Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan Cetakan 1. Malang: UM Press.

Permana, Erwin Putera. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaos Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar. 2015. No 1. 133-140. Kediri. PGSD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Prayitno, dan Amti, Erman. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

_______, 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko, Budi. dan Titin Indah Pratiwi. 2007. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya: University.

Rahardjo, Susilo. 2004. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Kudus: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. 2013. Edisi Revisi Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rakhmat, Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ririn, Asmidir, dan Marjohan. 2011. Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum (Studi Korelasional Terhadap Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP Angkatan 2011). Jurnal Ilmiah Konseling. 2013. Nomor 1. 273-278. Padang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang

Rusmiati, Endang. 2002. Jangan Sekedar Bicara. Forum Kompasiana.

Sargent, Emma dan Tim Fearon. 2015. Cara Berbicara Kepada Setiap Orang Dalam Setiap Situasi. Terjemahan Ursula Gyani Buditjahja. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shalahuddin, Mahfudh dan Suyanto. 2014. Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama Untuk Membantu Siswa Terisolasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam. 2014. Nomor 1. 149-174. Surabaya. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Jurusan Kependidikan Islam Uin Sunan Ampel Surabaya.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Peneitian. Bandung: Alfabeta

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Sulistiyoningsih, Dwi. 2014. Penerapan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Sejarah. (Http://Pelangimimpi-Fitri.Blogspot.Com/2013/04/Metode-Sosiodrama-Dan-Bermain-Peran. Html, Diakses Tanggal 30 November 2018)

Syam, Asrullah dan Amri. 2014. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidance) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek. 2017. No 1. 87-102. Parepare. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Tadjri, Imam. 2014. Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling (Latihan Dan Praktik Penyusunan Proposal). Semarang: CV. Swadaya Manungal.

Tarigan, Henry Guntur. 1981. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan. bandung: Angkasa Raya.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Tulus, Winarsunu. 2010. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Winkel, W.S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.

Yulianto, Fitri dan H. Fuad Nashori. 2006. Kepercayaan Diri dan Prestasi Atlet Taekwondo Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi. No 1. 55-62.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Self Resilience Pada Konselor: Konstruksi Konselor Tahan Uji Sebagai Pribadi Efektif Dalam Melayani Konseli. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4507

Article Metrics

Abstract views : 1427| 151-162 views : 1336

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: