Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Permainan Broken Square

Fitri Juniati

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Penelitian ini dirancang dua siklus. Siklus I tiga pertemuan dan siklus II dua pertemuan. Setiap siklus terdiri empat langkah yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil secara umum penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan teknik permainan broken square adalah  sikap sosial siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah siklus memperlihatkan sikap sosial siswa mengalami peningkatan, yaitu pada pra siklus ke siklus I sebesar 15% dan siklus I ke siklus II 7,9%.


Keywords


Sikap Sosial Teknik Permainan Broken Square Layanan Penguasaaan Konten

Teks Lengkap:

73-81

Referensi


Abu Ahmadi. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta

Alo Liliweri. 1997. Sosiologi Organisasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti

Amalia, Rina. 2012. Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Pergaulan Teman Sebaya Siswa. Skipsi. Kudus: Program Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus.

Anonim. 2000. Kamur Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud

Hidayat, Dede Rahmat dan Aip Badrujaman. 2012. Penelitian Tindakan

dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Irmawati. 2012. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Skipsi. Kudus: Program Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus.

Musfiroh, Takdiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.

Muslimin, Zaenal. 2011. Upaya Meningkatkan Sikap Sosial Dalam Pergaulan dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Penguasaan Konten. Skipsi. Kudus: Program Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus.

Pasaribu dan Simanjuntak. 1984. Teori Kepribadian. Bandung: Tarsito

Prayitno. 2004. Layanan Penguasaan Konten. Padang: FIP Universitas Negeri Padang

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Saifuddin Azwar. 1995. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramita Publishing.

Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5158

Article Metrics

Abstract views : 168| 73-81 views : 241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: