Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Permainan Broken Square
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Penelitian ini dirancang dua siklus. Siklus I tiga pertemuan dan siklus II dua pertemuan. Setiap siklus terdiri empat langkah yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil secara umum penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan teknik permainan broken square adalah sikap sosial siswa dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan sebelum tindakan dan setelah siklus memperlihatkan sikap sosial siswa mengalami peningkatan, yaitu pada pra siklus ke siklus I sebesar 15% dan siklus I ke siklus II 7,9%.
Keywords
Teks Lengkap:
73-81Referensi
Abu Ahmadi. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta
Alo Liliweri. 1997. Sosiologi Organisasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Amalia, Rina. 2012. Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Pergaulan Teman Sebaya Siswa. Skipsi. Kudus: Program Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus.
Anonim. 2000. Kamur Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud
Hidayat, Dede Rahmat dan Aip Badrujaman. 2012. Penelitian Tindakan
dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Irmawati. 2012. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Skipsi. Kudus: Program Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus.
Musfiroh, Takdiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
Muslimin, Zaenal. 2011. Upaya Meningkatkan Sikap Sosial Dalam Pergaulan dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Penguasaan Konten. Skipsi. Kudus: Program Bimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus.
Pasaribu dan Simanjuntak. 1984. Teori Kepribadian. Bandung: Tarsito
Prayitno. 2004. Layanan Penguasaan Konten. Padang: FIP Universitas Negeri Padang
Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.
Saifuddin Azwar. 1995. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing (Bimbingan dan Konseling). Yogyakarta: Paramita Publishing.
Zamroni, E. (2016). Counseling Model Based on Gusjigang Culture: Conceptual Framework of Counseling Model Based on Local Wisdoms in Kudus. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 116-125.
Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5158
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: