Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Konseling Kelompok dengan teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas IX C SMP Negeri 2 Pringapus Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling ( PTKBK ). Subyek penelitian adalah Peserta Didik Kelas IX C SMP Negeri 2 Pringapus Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 peserta didik. PTKBK ini hanya meneliti dan melaporkan masalah yang terkait dengan meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Layanan Konseling Kelompok dengan teknik CBT. Hasil yang diharapkan adalah merubah kepercayaan diri yang rendah menjadi lebih baik. Metode Penelitian menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian dua siklus menunjukkan bahwa kepercayaan diri peserta didik mengalami peningkatan dibuktikan dengan penelitian kondisi awal kesiklus satu dan kesiklus dua. Hal tersebut membuktikan bahwa Konseling Kelompok dengan teknik CBT dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri, dilihat dar iawal siklus 59.1 %,siklus satu 61.8%, siklus dua 68.6 %. Selain itu juga dibuktikan dengan adanya peningkatan pada layanan konseling kelompok yang dilihat dari awal siklus 53, siklus satu 63, siklus dua 77. Dalam prosentase mendapat hasil ada peningkatan 10 % dari awal siklus kesiklus satu, dan 14 % kesiklus dua.

Keywords


Konseling Kelompok Cognitive Behavior Theraphy Kepercayaan Diri

Teks Lengkap:

144-149

Referensi


Busmayaril B. Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Behavioral ... ejournal.radenintan.ac.id › index.php › konseli › article › download (Diunduh tanggal 10 Pebruari 2019)

Erford, B. T. (2017). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Jones, Ricard Nelson. 2011. Teori Praktik Konseling dan Terapi. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Kumaladari, Dyesi, Konsep Behavioral Therapy Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Terisolir… ejournal.uin-suka.ac.id › hisbah › article › download (Diunduh tanggal 10 Pebruari 2019)

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling kelompok ( Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Saputra, Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Teknik ... – Core. core.ac.uk › download › pdf ( Diunduh pada tanggal 20 Pebruari 2019)

Sudrajat,Akhmad.2010. Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di sekolah. Diambil dari http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2010/02/03/ pengembangan-program-bimbingan-dan-konseling-di-sekolah/ ( Diunduh pada tanggal 20 Pebruari 2019)

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta : PT Renika Cipta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Bimbingan dan Konseling dalam Praktek. Bandung: Maestro

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raya Grafindo persada

Wikipedia. Norma sopan santun - Wikipedia bahasa Indonesia https://id.wikipedia.org › wiki › Norma_sopan_santunhttps://www. konseling (Diunduh tanggal 25 Pebruari 2019)




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5741

Article Metrics

Abstract views : 801| 144-149 views : 3066

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: