Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Materi Bentuk Keberagaman di Indonesia Untuk Peningkatan Hasil Belajar PPKn Sekolah Dasar

Karmin Toro
Slamet Utomo
Suad Suad

Abstract


This research aims to (1) analyze the necessary development, (2) develop, and (3) analyze the reliability of the mind mapping based pocketbook with the materials about the diversity in Indonesia to enhance the fourth graders’ civics learning outcomes in Rara Mendut cluster, Pati . This Research and Development used Borg and Gall model. The data were obtained from the interview, questionnaire, and attitude scale techniques. The results of the research are: First, the Pocketbook development is needed to improve the learning outcome by considering the characteristics of Civics materials and the developed learners’ cognitions at the concrete-operational stage. Secondly, the Pocketbook was successfully developed through 7 stages. Third, the Pocketbook was reliable with a very reliable criterion. N-Gain test on the trial run product obtained a percentage of 0.39. It meant there was an improvement result between the pretest and posttest with a moderate category. 

Keywords


Pocketbook; Mind Mapping; Diversit

Teks Lengkap:

23-47

Referensi


Adodo, S O. 2013. Effect of Mind mapping as a Self Regulated Learning Strategy on Students’ Achievement in Basic Science and Technology. Mediterranean Journal of Social Sciences. Volume 4(6): 163-172

A.M., Muhamin. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.

Afifuddin dkk.2018 (Cet. III).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip dan Model. In Journal of Visual Languages & Computing (Vol. 11). https://doi.org/10.15713/ins.mmj.3

Anderson, L dan Krathwohl, D. 2011. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Aini, Saras Shinta Qurrota’ dan Sukirno. 2013. Pocketbook as Media of Learning to Improve Students’ Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume XI(2):68-75

Anni, Catharina Tri. 2016. Psikologi Belajar. Semarang:Unnes Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta

. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

BPTP Jambi. 2014. Booklet dan Buku Saku. http://jambi.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi/media-cetak/booklet- a-buku-saku (diakses pada tanggal 16 Februari 2016)

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. 2006. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Dewi, Ressi Kartika, dkk.2018. Pendidikan Kewaganegaraan 4: Untuk SD & MI Kelas 4. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Daryanto dkk. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dweck, Carol S. 2017 (Cet. II).Mindset: Mengerti Kekuatan Pola Pikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup Anda (Diterjemahkan dari Mindset: The New Psychology of Succes terbitan Ballantine Books, New York, 2008). Tangerang: PT. Baca.

Cathy Ann Radix dan Abdool, Azim. 2013. Using Mind Maps for the Measurement and Improvement of Learning Quality. Caribbean Teaching Scolar. Volume 3(1):3-21

Dhindsa, H. S., Makarimi-Kasim, & Anderson, O. R. (2011). Constructivist-Visual Mind Map Teaching Approach and the Quality of Students’ Cognitive Structures. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-010-9245-4

Djasmita, N. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep Berbasis Media Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X (Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung). Retrieved from repository.radenintan.ac.id

Eliana, D., & Solikhah, (2013). Pengaruh Buku Saku Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Gizi Pada Anak Kelas 5 Muhammadiyah Dadapan Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 6(2). https://doi.org/10.12928/kesmas.v6i2.1021

Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372

Ernawati. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Pembelajaran Matematika di Kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Banjarmasin Tahun 2011/2012. Seminar Online Universitas Surabaya.Vol. 2 (3) 146-153. Surabaya:Universitas Negeri Surabaya.

Fathurrohman dan Wuri Handayani. 2011 untuk SD/MI kelas 4. Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar (untuk PGSD dan Guru SD). Bantul:Nuha Litera

Guilford, J.P.1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. 3rd Ed. New York: McGraw-Hill Book Company, Inc.

Hukmat. 2011 (Cet. I). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setia

Herlina, Lina dan Yuliani, Fahtria. 2015. Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP. Unnes Journal of Biology Education. Volume 4(1):104-110

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Irham, Muhammad dan Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Juniati, Etika dan Widianti, Tuti. 2015. Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind mapping dan Multiple Intelligences Materi Jamur di SMA Negeri 1 Slawi. Unnes Journal of Biology Education. Volume 4(1):37-44.

Keles, Ozgul. 2012. Elementary Teachers; Views on Mind mapping. Macrothink Institute. Volume 4(1):93-100

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung:PT Refika Aditama

Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran. Bogor:Ghalia Indonesia

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:Refika Aditama

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:Prestasi Pustakarya

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013

Permendiknas Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Poerwanti, Endang. 2018. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdiknas

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka Jogjakarta: Diva Press

Radix, Cathy Ann dan Abdool, Azim. 2013. Using Mind Maps for the Measurement and Improvement of Learning Quality. Caribbean Teaching Scolar. Volume 3(1):3-21

Rahmawati, Nurul Laili, dkk. 2013. Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar di MTs. Unnes Science Education Journal. Volume 2(1):157-164

Retno, Ardina Titi Purbo, dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku Saku Berbasis Hirarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia. Volume 4(2):74-81

Rifa’i, Achmad dan Chatharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang:Unnes Press

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Keles, Ozgul. 2012. Elementary Teachers; Views on Mind mapping. Macrothink Institute. Volume 4(1):93-100

Kustandi, Cecep dkk. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Latif, Yudi. 2012 (Cet. IV).Negara Paripurna Historitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mardatillah. (2018). Pengembangan Buku Saku Identifikasi Tumbuhan pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA SMA Madani Alauddin Paopao (Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar). Retrieved from repositori.uin-alauddin.ac.id

Muid, Khoeri Abdul. 2018 (Cet. I). Hikmat Kebijaksanaan (Spot Solusi Problem Sosial Budaya). Pati: Media Didaktik Indonesia.

Munthe, Bermawi. 2010 (Cet. I). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Murray, David Kord. 2011 (Cet. I). Borrowing Brilliance: Rahasia Sukses dengan Meminjam Gagasan Orang Lain (Diterjemahkan dari Borrowing Brilliance: The Six Steps Business Innovation by Building on the Ideas of Others terbitan Random House Business Books, London). Bandung: Penerbit Kaifa PT. Mizan.

Nasution, Arman Hakim. 2018. Inovasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

National Research Council. (1997). Science Teaching Reconsidered: a handbook. https://doi.org/10.17226/5287

Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Oleh: Faizah M. Nur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–78.

Nurhadi. 2017 (Cet. I). Handbook of Writing (Panduan Lengkap Menulis). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurul Hidayati Dyah,Sulistyani, dkk. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 1(1):164-172

Nurul Laili, Rahmawati, dkk. 2013. Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar di MTs. Unnes Science Education Journal. Volume 2(1):157-164

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008. Tentang Buku.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta:Diva Press.

Rahmawati, Nurul Laili, dkk. 2013. Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar di MTs. Unnes Science Education Journal. Volume 2(1):157-164

Rahayu, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Gambar Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa-Biologi Smp.

Saras Shinta Qurrota’ dan Sukirno. 2013. Pocketbook as Media of Learning to Improve Students’ Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume XI(2):68-75

Septiani, A., Susanti, R., & Meilinda, M. (2014). Pengaruh Strategi Mencatat Menggunakan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Retensi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sma Plus Negeri 2 Banyuasin Iii. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 7–14.

Setyono, Y. A., Sukarmin, & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisikakelas Viii Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 118–126.

Su’udiah, F., Degeng, I., & Kuswandi, D. (2012). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6743

Sulistyani, N. H. D., Jamzur, & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164–172. Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern: Pegangan Pemimpin dan Inovator Pendidikan (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

Sudjana. 2015. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito

Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2011. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2017 (Cet. III).Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

________. 2017 (Cet. XXVI).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta

________. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________ . 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Suhesti, Endang Artiati. 2017 (Cet. I).77 Games Berkarakter dalam Bimbingan dan Konseling. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Schulz, Wolfram, dkk. 2016. Initial Findings from the IEA International Civic and Citizenship Education Study. Amsterdam: ICCS

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2011. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta

. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sulistyani, Nurul Hidayati Dyah, dkk. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 1(1):164-172

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Permada Media Group

Tim Badan Standar Nasional. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. http://bsnp-indonesia.org/id?p=1340 (diakses tanggal 16 Februari 2016)

Thobroni, Muhammad dan Mustofa, Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media

Sulistyani, Nurul Hidayati Dyah, dkk. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Peserta didik Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 1(1):164-172

Sumaryanto. 2010. Ensiklopedia Bahasa Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu.

Tim Badan Standar Nasional. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. http://bsnp-indonesia.org/id?p=1340 (diakses tanggal 16 November 2019)

. 2017. Pembelajaran PPKn di SD. Semarang:Universitas Terbuka

Tim Badan Standar Nasional. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. http://bsnp-indonesia.org/id?p=1340 (diakses tangga 16 November 2019).

Wibowo, S., & Suryani, D. (2013). Pengaruh Promosi Kesehatan Metode Audio Visual Dan Metode Buku Saku Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penggunaan Monosodium Glutamat (Msg) Pada Ibu Rumah Tangga. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 7(2), 67–74. https://doi.org/10.12928/kesmas.v7i2.1040

Widayat, T. B. K. (2019). Pengaruh penggunaan media model dengan media gambar terhadap prestasi belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar. Universitas Sebelas Maret.

Windayani, Kasrina, & Ansori, I. (2018). Pengembangan Buku Saku Berdasarkan Hasil Eksplorasi Tanaman Obat Suku Rejang Keamatan Merigi. 2(1), 51–57. Retrieved from repositori.uin-alauddin.ac.id

Winataputra, Udin, dkk. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Universitas Terbuka.

. 2017. Pembelajaran PPKn di SD. Semarang:Universitas Terbuka

Windura, Susanto. 2018. Mind Map for Business Effectiveness. Jakarta:Gramedia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Yuliani, F., & Herlina, L. (2015). Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global Untuk SMP. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 104–110.

Yuniarto, Hari Agung dkk. 2013. Perbaikan pada Fishbone Diagram Sebagai Root Cause Analysis Tool. Jurnal Teknik Industri. Volume 3(3):217-224




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5827

Article Metrics

Abstract views : 660| 23-47 views : 521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: