PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Emy Christanti
Murtono Murtono
Mohammad Kanzunnudin

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Guide Inquiry dan Problem Based Learning terhadap peningkatan  berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Wijayakusuma. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantiatif, dengan jenis quasy eksperimen. Variabel x1 adalah model pembelajaran guide inquiry dan variabel X2 adalah model problem solving problem dan variabel Y adalah kemampuan berfikir kritis siswa kelas V di Sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan. Adapuan analisis data menggunakan teknik uji homogenitas, uji normalitas, uji independen sampel t test. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh model pembelajaran guide Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi panas dan perpindahannya berdasarkan hasil uji independen sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,389 > t-tabel 1,697, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Pada mata pelajaran IPA materi panas dan perpindahannya berdasarkan hasil uji independen sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,389 > t-tabel 1,697, (3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran guide inquirydan problem based learningdan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V berdasarkan hasil uji independen sampel t-test dengan nilai means pada kelas eksperimen 1 adalah 72,64  dan kelas eksperimen 2 adalah 77,56. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran problem based learning lebih unggul digunakan dalam pembelajaran IPA dalam meningkatkan berfikir kritis siswa di kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: guide inquiry problem based learning, kemampuan berfikir kritis


Keywords


guide inquiry problem based learning, kemampuan berfikir kritis

Teks Lengkap:

158-165


DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5959

Article Metrics

Abstract views : 276| 158-165 views : 414

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: