Menumbuhkan Sikap Multikulturalisme Remaja sebagai Bentuk Pendidikan IPS oleh Orang Tua

Galih Mahardika Christian Putra
Fitria Dwi Prasetyaningtyas
Hadi Wiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pandangan orang tua terhadap multikulturalisme, peran orang tua menumbuhkan sikap multikulturalisme kalangan remaja, sikap multikulturalisme di kalangan remaja, dan relevansi antara peran orang tua menumbuhkan sikap multikulturalisme kalangan remaja dengan pelaksanaan pendidikan IPS di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang mendasarkan pada teori interaksionisme simbolik milik Hebert Blumer. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui observasi nonpartisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi tertulis atau foto.Teknik analisis data menggunakan tahapan proses analisis interaktif dalam penelitian kualitatif milik miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan para orang tua cenderung memandang multikulturalisme sebagai sesuatu yang dibutuhkan kalangan remaja dalam proses sosialnya. Peran orang tua menumbuhkan sikap mulrikulturalsime berupa pemberian keleluasaan dan dukungan dalam praktik pertemanan, serta keteladanan orang tua tentang sikap multikulturalisme dalam kehidupan sehari-hari. Sikap multikulturalisme kalangan remaja berupa sikap toleransi, tolong-menolong, menjunjung tinggi prisnsip kesetaraan dan mengutamakan dialog saat terjadi perselisihan. Terdapat relevansi antara peran orang tua dan  sikap multikulturalisme dengan tujuan pelaksanaan pendidikan IPS di Indonesia.


Keywords


Remaja; Sikap Multikulturalisme; Peran Orang Tua; Pendidikan IPS

Teks Lengkap:

55-62

Referensi


Aeni, K. & Astuti, T. 2020. “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10(2): 178–86.

Anwar, R. 2007. Sukarno, Tentara, PKI Segitiga Kekuasaan Sebelum Prahara Politik 1961-1965. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Creswell, J. W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriastuti, Diana, Suwito Eko Pramono, and Purwadhi Suhandini. 2018. “Implementation of Social Studies in The Establishment of Social Behavior Students SMP Negeri 1 Brangsong.” Journal of Educational Social Studies 7(3): 29–35.

Jamhuri, M. 2018. “Humanisme Sebagai Nilai Pendekatan Yang Efektif Dalam Pembelajaran Dan Bersikap: Persperktif Multikulturalisme Di Universitas Yudharta Pasuruan.” Jurnal Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam III(2): 318–22. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/1138.

Mahfud, C. 2014. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurdiana, M.Rachman, and S.E. Purnomo. 2017. “Peran Orang Tua Tunggal (Ibu) Dalam Mengembangkan Moralitas Anak Di Kelurahan Tlogo Mulyo Kecamatan Pedurungan Semarang.” Jurnal Sains Riset 9(1): 52–58.

Pramono, S. E. 2013. Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: Widya Karya.

Prastyawati, Lia, and Farida Hanum. 2015. “Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Proyek Di Sma.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 2(1): 21–29.

Puspitasari, Nimas. 2012. “Pengembangan Model Pembelajaran Ips Berbasis Multikultural.” Journal of Educational Social Studies 1(2): 99–103.

Rasyid, H., J. Widodo, and Suyahmo. 2015. “Konstruksi Sosial Guru Ips Tentang Pembelajaran Ips Di Mts Kecamatan Kota Sumenep.” Journal of Educational Social Studies 4(1): 1–7.

Rifa’I, A dan Anni, C. T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Rufaida, H. 2017. “Menumbuhkan Sikap Multikultural Melalui Internalisasi Nilai-.” SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal 4(1): 14–24.

Sa’dan, M. 2015. “Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Al-Qur??An & Urgensi Sikap Keberagamaan Multikulturalis Untuk Masyarakat Indonesia.” Toleransi 7(1): 89–104.

Satya Yoga, Dyah, Ni Wayan Suarmini, and Suto Prabowo. 2015. “Peran Keluarga Sangat Penting Dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak Serta Budi Pekerti Anak.” Jurnal Sosial Humaniora 8(1): 46–54.

Setiawan, D. 2012. “Interaksi Sosial Antar Etnis Di Pasar Gang Baru Pecinan Semarang Dalam Perspektif Multikultural.” Journal of Educational Social Studies 1(1): 43–47.

Siregar, R. H. 2015. “Pendidikan Multikulturalisme; Mengikis Sikap Radikalisme, Rasisme, Dan Diskriminisme Oleh Robiah Hidayah Siregar.” Jurnal Madania 5(2): 152–76.

Sudrajat. 2014. “Revitalisasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran.” Pembangunan Pendidikan : Fondasi dan Aplikasi 2(1): 82–90.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). 14th ed. Bandung: ALFABETA.

Sumantri, I Made, I Gede Wirabayu, and I Made Sugiartha. 2017. “Analisis Kebutuhan Dalam Pengembangan Model Pendidikan Multikultur Transsformatif Dalam Pembelajaran PPKn Dan IPS Di Sekolah Dasar.” Journal of Education Research and Evaluation 1(3): 192–97.

Wasino. 2013. “Indonesia: From Pluralism To Multiculturalism.” Paramita - Historical Studies Journal 23(2): 148–55.

Wirawan, I. B. 2013. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma (Fakta Sosial, Definisi Sosial Dan Perilaku Sosial). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wiyanto. 2015. “Interaksi Sosial Siswa Dalam Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sma Karangturi Semarang.” Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6076

Article Metrics

Abstract views : 1339| 55-62 views : 630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: