Profil Harga Diri Pada Siswa Sekolah Dasar dan Implikasi Terhadap Bimbingan dan Konseling
Abstract
Teks Lengkap:
85-89Referensi
Aini, Dian. F.N. (2018). Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan
Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol. 6, No. 1, Hlm. 30-46.
ISSN: 2338-1140.
Alvina, Kurniangrum. Woro. (2018). Penerapan Art Therapy Untuk Meningkatkan Self
Esteem Pada Anak Usia Middle Childhood. Jurnal Muara, Ilmu Sosial, Humaniora
dan Seni. Vol. 2, No. 1, Hlm. 198-204.
Augestad, Liv Berit. (2017). Self Concept and Self Esteem Among Children and Young
Adults With Visual Impairment: A Systematic Review. Cogent Psychology. Vol. 4 :
Branden, Nathaniel. (1992). The Power of Self Esteem. Deeerfield Beach, Florida: Health
Communcations Inc.
Chairunnisa. (2010). Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Dengan
Prestasi Akademik. Jurnal Pendidikan. Vol. 8, No. 2.
Coopersmith, Stanley. (1967). The Antecedent of Self Esteem. San Fransisco: W.H. Freeman
and Company.
Creswell, John. W. (2012). Research Design: Qualitative, Quantitative And Mixed Methods
Approaches 4th Edition. California: SAGE Publication Inc.
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Farozin, M., dkk. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling
Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fitri, M. N. (2010). Hubungan Cara Orang Tua Mengkritik Anaka Dengan Harga Diri Pada
Siswa Kelas V SDN 6 Singaparna. Universitas Pendidikan Indonesia.
Guindon, Mary H. (2002). Toward Accountability in The Use of The Self Esteem Construct.
Journal of Counseling and Development. Vol. 80, No. 2.
Guindon, Mary H. (2010). Self Esteem: Across The Life Span. New York: Routledge Taylor
Francis Group LLC.13 Hastuti,
Dwi. (2016). Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sekolah
Dasar. Vol. 2, No. 2, Hlm. 38-50.
Islamiah. (2015). Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Anak
Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling. Vol. 8, No. 3, Hlm. 142-152.
ISSN: 1907-6037.
Januarty, Siilvy. (2014). Pengaruh Teknik Permainan Pass The Compliment Dalam Layanan
Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 1, Hlm. 116- 122.
Keshky, Mogeda. et.al. (2017). The Development of Self Esteem in Children: Systematic
Review And Meta-Analysis. The International Journal of Social Sciences and
Humanities Invention. Vol. 4, No. 3. Hlm. 3346-3355.
Kurniasih, Nidhia. F.,dkk. (2019). Masalah Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan. Vol. 18, No. 1. Hlm. 111-136.
Mruk, Christopher J. (2006). Self Esteem: Research, Theory, and Practice 3rd Edition. New
York: Springer Publishing Company.
Nora, Maya. (2015). Pengaruh Kelekatan dan Harga Diri Terhadap Kemampuan
Bersosialisasi Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 9, No. 2, Hlm. 379- 388.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development (11th ed). New
York, NY: McGraw-Hill International Edition.
Ramadhani, dkk. (2019). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Self Esteem
Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 2, Hlm. 255-259.
Ramadhani, Sulistiyani. P. (2019). Pengaruh Teknik Permainan Pass The Compliment Dalam
Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3, No. 1, Hlm. 63-69.
ISSN: 2615-1960.
Subana & Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sundari, R. (2008). Program Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan Self Esteem
Anak Jalanan. Skripsi pada Program Studi Psikologi Universitas Pendidikan
Indonesia
Widada. (2013). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan
Pengembangan SD. Vol. 1, No. 1, Hlm. 67-75.
Worzbyt, John C, et.al. (2003). Elementary School Counseling: A Commitment To Caring
And Community Building Second Edition. New York: Brunner Routledge
Yendi, Frischa, dkk. (2015). Self Esteem dan Pelayanan Bimbingan dan Konseling yang
Dibutuhkan Siswa Kelas Akselerasi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 4, No. 4,
Hlm. 191-195. ISSN: 1412-9760.
Yusuf, Syamsu & Nurihsan, A. Juntika. (2012). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6469
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: