Profil Harga Diri Pada Siswa Sekolah Dasar dan Implikasi Terhadap Bimbingan dan Konseling

Siti Laelatul Badriyyah
Cucu Arumsari
Agung Nugraha

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang berkembang di kalangan siswa sekolah dasar terkait dengan harga diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reposisi harga diri siswa sekolah dasar di tiga Sekolah Dasar Negeri Puspahiang. Harga diri pada siswa sekolah dasar sangat penting, karena harga diri berkembang untuk membangun model psikologis diri anak. Sampel pada penelitian ini berjumlah 147 siswa yang terdiri dari kelas V dan VI di tiga Sekolah Dasar Negeri Puspahiang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa reposisi harga diri pada siswa kelas V dan VI di tiga Sekolah Dasar Negeri Puspahiang berada pada kategori tinggi.

Teks Lengkap:

85-89

Referensi


Aini, Dian. F.N. (2018). Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan

Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol. 6, No. 1, Hlm. 30-46.

ISSN: 2338-1140.

Alvina, Kurniangrum. Woro. (2018). Penerapan Art Therapy Untuk Meningkatkan Self

Esteem Pada Anak Usia Middle Childhood. Jurnal Muara, Ilmu Sosial, Humaniora

dan Seni. Vol. 2, No. 1, Hlm. 198-204.

Augestad, Liv Berit. (2017). Self Concept and Self Esteem Among Children and Young

Adults With Visual Impairment: A Systematic Review. Cogent Psychology. Vol. 4 :

Branden, Nathaniel. (1992). The Power of Self Esteem. Deeerfield Beach, Florida: Health

Communcations Inc.

Chairunnisa. (2010). Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Dengan

Prestasi Akademik. Jurnal Pendidikan. Vol. 8, No. 2.

Coopersmith, Stanley. (1967). The Antecedent of Self Esteem. San Fransisco: W.H. Freeman

and Company.

Creswell, John. W. (2012). Research Design: Qualitative, Quantitative And Mixed Methods

Approaches 4th Edition. California: SAGE Publication Inc.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Farozin, M., dkk. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling

Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Fitri, M. N. (2010). Hubungan Cara Orang Tua Mengkritik Anaka Dengan Harga Diri Pada

Siswa Kelas V SDN 6 Singaparna. Universitas Pendidikan Indonesia.

Guindon, Mary H. (2002). Toward Accountability in The Use of The Self Esteem Construct.

Journal of Counseling and Development. Vol. 80, No. 2.

Guindon, Mary H. (2010). Self Esteem: Across The Life Span. New York: Routledge Taylor

Francis Group LLC.13 Hastuti,

Dwi. (2016). Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sekolah

Dasar. Vol. 2, No. 2, Hlm. 38-50.

Islamiah. (2015). Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Anak

Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling. Vol. 8, No. 3, Hlm. 142-152.

ISSN: 1907-6037.

Januarty, Siilvy. (2014). Pengaruh Teknik Permainan Pass The Compliment Dalam Layanan

Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 1, Hlm. 116- 122.

Keshky, Mogeda. et.al. (2017). The Development of Self Esteem in Children: Systematic

Review And Meta-Analysis. The International Journal of Social Sciences and

Humanities Invention. Vol. 4, No. 3. Hlm. 3346-3355.

Kurniasih, Nidhia. F.,dkk. (2019). Masalah Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan. Vol. 18, No. 1. Hlm. 111-136.

Mruk, Christopher J. (2006). Self Esteem: Research, Theory, and Practice 3rd Edition. New

York: Springer Publishing Company.

Nora, Maya. (2015). Pengaruh Kelekatan dan Harga Diri Terhadap Kemampuan

Bersosialisasi Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 9, No. 2, Hlm. 379- 388.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development (11th ed). New

York, NY: McGraw-Hill International Edition.

Ramadhani, dkk. (2019). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Self Esteem

Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 2, Hlm. 255-259.

Ramadhani, Sulistiyani. P. (2019). Pengaruh Teknik Permainan Pass The Compliment Dalam

Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3, No. 1, Hlm. 63-69.

ISSN: 2615-1960.

Subana & Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sundari, R. (2008). Program Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan Self Esteem

Anak Jalanan. Skripsi pada Program Studi Psikologi Universitas Pendidikan

Indonesia

Widada. (2013). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan

Pengembangan SD. Vol. 1, No. 1, Hlm. 67-75.

Worzbyt, John C, et.al. (2003). Elementary School Counseling: A Commitment To Caring

And Community Building Second Edition. New York: Brunner Routledge

Yendi, Frischa, dkk. (2015). Self Esteem dan Pelayanan Bimbingan dan Konseling yang

Dibutuhkan Siswa Kelas Akselerasi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 4, No. 4,

Hlm. 191-195. ISSN: 1412-9760.

Yusuf, Syamsu & Nurihsan, A. Juntika. (2012). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6469

Article Metrics

Abstract views : 317| 85-89 views : 716

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: