Meningkatan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management

Tejo Asmara

Abstract


The research aims to see the effectiveness of using group guidance services with self management techniques for increasing learning responsibility on the students of class IX C SMP Negeri 3 Suruh, school year 2019/2020. The type of research is Guidance and Counseling Action Research. The procedures being used in the research are planning, acting, observing and reflecting. It consits of two cyles. Collecting data techniques being used are: questionnaire, observation and documentation. The result of the research shows that group guidance services with self management techniques improving learning responsibility, from average score 4.0 (low) to score 6.2 (high). Students become more responsible for learning in class, at school and during self study. It can be concluded that group guidance services with self management techniques improving learning responsibility of students.

Teks Lengkap:

97-105

Referensi


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alamri, Nurdjana. 2015. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X Sma 1 Gebog Tahun 2014/2015), Vol. 1. No. 1. Diambil dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/259. [diakses pada tanggal 30 November 2020].

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Astuti, Chatarina Puji. 2005. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Don Bosco Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bahri, D. S. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eddy Wibowo, Mungin. 2005. Konseling kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES PRESS.

Gie, The Liang. 2000. Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa edisi kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gunarsa, D. Singgih. 2005. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Komalasari, Gantina, Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Muratama, Muhammad Satriadi and Farozin, Moh. 2019. Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nelson, Richard dan Jones. 2011. Teori dan Praktik Konseling dan Terapi (edisi ke empat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nursalim, Mochamad. 2013. Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Indeks.

Prayitno & Amti Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Romlah. 2001. Layanan Bimbingan Kelompok. Jakarta: Rineka cipta

Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Setiani, Lina. 2017. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk mengurangi Perilaku Agresif Verbal pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Diambil dari http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8162. [diakses pada tanggal 30 November 2020].

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudani, dkk. 2013. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada (vol. 1 no. 1). Diunduh dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/765/638. pada tanggal 30 November 2019.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Winkel, WS dan MM Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wulandari, Putu Afsari, dkk. 2013. Penerapan Konseling Behavioral Teknik Positive Reward untuk Meningkatkan Responsibility Academic Siswa Kelas X.6 SMA Laboratorium Undiksha Tahun Pelajaran 2012/2013, Vol.1. No.1. Diambil dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JJBK/article/view/762. [diakses pada tanggal 30 November 2019].

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6471

Article Metrics

Abstract views : 1618| 97-105 views : 2120

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: