Meningkatan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management
Abstract
Teks Lengkap:
97-105Referensi
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Alamri, Nurdjana. 2015. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X Sma 1 Gebog Tahun 2014/2015), Vol. 1. No. 1. Diambil dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/259. [diakses pada tanggal 30 November 2020].
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Astuti, Chatarina Puji. 2005. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Don Bosco Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Bahri, D. S. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eddy Wibowo, Mungin. 2005. Konseling kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES PRESS.
Gie, The Liang. 2000. Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa edisi kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Gunarsa, D. Singgih. 2005. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Komalasari, Gantina, Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Muratama, Muhammad Satriadi and Farozin, Moh. 2019. Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Wanasaba, Lombok Timur. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nelson, Richard dan Jones. 2011. Teori dan Praktik Konseling dan Terapi (edisi ke empat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nursalim, Mochamad. 2013. Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Indeks.
Prayitno & Amti Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Romlah. 2001. Layanan Bimbingan Kelompok. Jakarta: Rineka cipta
Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Setiani, Lina. 2017. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk mengurangi Perilaku Agresif Verbal pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Diambil dari http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/8162. [diakses pada tanggal 30 November 2020].
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudani, dkk. 2013. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada (vol. 1 no. 1). Diunduh dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/765/638. pada tanggal 30 November 2019.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Winkel, WS dan MM Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wulandari, Putu Afsari, dkk. 2013. Penerapan Konseling Behavioral Teknik Positive Reward untuk Meningkatkan Responsibility Academic Siswa Kelas X.6 SMA Laboratorium Undiksha Tahun Pelajaran 2012/2013, Vol.1. No.1. Diambil dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JJBK/article/view/762. [diakses pada tanggal 30 November 2019].
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6471
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: