Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama

Didik Puji Utomo
Masturi Masturi
Nur Mahardika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah; 1.Mendeskripsikan upaya meningkatkan perilaku sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik sosiodrama pada remaja di Ds. Wonoketingal 02/07 Kec. Karanganyar. Memperoleh peningkatan perilaku sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada remaja di Ds. Wonoketingal 02/07 Kec. Karanganyar Kab. Demak. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Jenis metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan purposive samplingsebagai pengambilan sampel untuk subjek penelitian ditetapkan lima remaja  yang memiliki masalah sopan santun di Desa Wonoketingal. masalah sopan santun di Desa Wonoketingal. Simpulan peneliti dapat memperoleh peningkatan perilaku sopan santun setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik Sosiodrama. Berdasarkan hasil skor akhir yang diperoleh, perilaku sopan santun siswa memperoleh peningkatan sebanyak 29 skor.

Teks Lengkap:

111-116

Referensi


Anshori, H., Al. 2013. Faktor Risiko Kejadian Stunting Pada Anak Usia 12-24 Bulan (Studi Kecamatan Semarang Timur). Research artikel. (Online), (di eprints.undip.ac.id/41855/), diakses 20 Febuary 2021.

Antoro. Dwi Sunu. 2010. Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Terbuka.

Firda. 2012. Tujuan dan Ruang Lingkup Sopan Santun Anak, http://incteachet.Wordpress.com. Diakses tanggal 12 Agustus 2019

Gery. 2012. Perilaku Sopan Santun. http://id.wikipedia.org/wiki/sopan_santun, diakses tanggal 16 Agustus 2019.

Iqbal Hasan, 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Bumi Aksara, Jakarta

Iqbal. 2014. Metode Pembelajaran Role Playing. [online] http://cakul-iqbal.blogspot.co.id/2014/12/metode-pembelajaran-role-playing.html?m=1. Diakses tanggal 13 Agustus 2019.

Juntika N, Achmad. 2006. Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung : PT. Refika Aditama

Juntika N, Achmad. 2006. Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung : PT. Refika Aditama

Purnamasari, Lilis Ratna. 2012. Tenk-Tenkik Konseling. Semarang: UNNES Press.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan PraktekBimbingan Kelompok. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan PraktekBimbingan Kelompok. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winkel. 2012. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6473

Article Metrics

Abstract views : 719| 111-116 views : 531

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: