Konseling Gestalt Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa

An Nisa Nur Afifah
Susilo Rahardjo
Nur Mahardika

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan self esteem siswa SMP Negeri 2 Undaan rendah. 2. Mengetahui efektivitas layanan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong (empty chair) dalam meningkatkan self esteem siswa SMP Negeri 2 Undaan. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian dua konseli, kelas VII-E SMP N 2 Undaan Kudus yang memiliki self esteem yang rendah. Setelah mendapatkan subyek penelitian, peneliti mengumpulkan data subyek yang berkenaan dengan masalah self esteem yang rendah. Setelah pengumpulan data peneliti merencanakan kegiatan layanan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong untuk meningkatkan self esteem siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab self esteem yang rendah pada siswa adalah faktor lingkungan sekitar, faktor keadaan fisik individu, faktor penghargaan dan penerimaan diri dari orang-orang sekitar. Untuk membantu individu dalam meningkatkan self esteem diberikan sebuah layanan konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong agar menghasilkan perubahan sikap dan peningkatan self esteeem pada konseli. Hal tersebut ditandai dengan perubahan baik pada hubungan sosial konseli, menerima dengan baik kritikan dari orang lain, percaya diri ketika di depan umum, yakin pada kemampuan yang dimiliki, tidak terpaku pada dirinya sendiri, dapat dengan baik beradaptasi di lingkungan baru, serta mampu menjalin komunikasi dengan teman sebaya maupun orang lain.

Keywords


Konseling Gestalt; Kursi Kosong; Self Esteem

Teks Lengkap:

123-129

Referensi


Alwisol. 2005. Psikologi Kepribadian. Malang:Universitas Muhammadiyah Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, Akhmad Rifqi. 2012. Faktor-Raktor Yang Mempengaruhi Harga Diri (Self Esteem) Menurut Para Ahli.https://konselor.profesional.blogspot.com/2012/03/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-harga-diri.html diakses tanggal 03 September 2019 (21.04).

Basariyadi, Abdi. 2018. Observasi: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Tujuan. Tersdia di: (http://www.google.com.amp/s/majalahpendidikan.com/observasi-pengertian-manfaat-jenis-dan-tujuan/amp/ diakses pada 04 April 2019 (14:37))

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta:Rineka Cipta.

Corey, Gerald. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Terjemahan oleh E.Koswara. Bandung:PT Refika Aditama.

Darlianis. 2016. Profil Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa di SMP Negeri 8 Teluk Kuantan. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Nomor: 2. Volume: 2.

Erford, Bradley T. 2015. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Terjemahan oleh Herlly Prajitno Soetjipto& Sri Mulyantini Soetjipto. 2016. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauzan, L. 2009. Teknik Kursi Kosong. [Online]. Tersedia di: (http;//lutfifauzan.wordpress.com. diakses tanggal 20 Februari 2019 (14.00))

Ferry. 2013. Teknik Konseling Gestalt. Tersedia di:( http://ferryguidance.blogspot.com/2013/05/teknik-konseling-Gestalt.html) diakses tanggal 20 Juli 2019 (20.00).

Fitrika. 2012. Konseling Gestalt. Tersedia di: (http://fitrika1127.blogspot.ocm/2012/05/konseling-Gestalt.html) diakses tanggal 20 Juli 2019 (21.00).

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Angkasa.

Hartono, dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikoligi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hendrarno, Eddy. 1988. Pendekatan Gestalt Dalam Konseling. Jepara: Silas Press.

Herdiyansyah, H. 2013. Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ikbal, Muhammad dan Nurjannah. 2016. Meningkatkan Self Esteem Dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotif Behavior Therapy Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah Jati Agung Lampung Selatan Tahun 2015/2016.http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/556. (p.1) Jumat, 20 Februari 2019

Jaenudin, Ujam. 2015. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.

John W, Santrock. 2007. Perkembangan anak. Jilid I Edisi kesebelas. Jakarta: PT Erlangga.

Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni, dan Kasih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta:PT Indeks.

Lestari, Endang Sri. 2015. Penerapan Konseling Gestalt dengan Teknik Kursi Kosong Untuk mengatasi siswa terisolir pada siswa kelas VIII SMP 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.

Mandasari, Febri. 2014. Penerapan Konseling Gestalt Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Keberanian Siswa Dalam Menyampaikan Pendapat. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.

Meleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Purnamasari, L.R. 2012. Teknik-teknik konseling (Buku Ajar). Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Rahardjo, S. 2012. Data Kuantitatif Dalam Penelitian Kualitatif.[Online]. Tersedia di http://bk-fkip.umk.ac.id/2012/08/data-kuantitatif-dalam-penelitian.html. diakses tanggal 20 April 2019 (23.00).

Rahardjo, S dan Gudnanto. 2016. Pemahaman Individu Teknik Non Tes Edisi Revisi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rangkuti, Elvina Fitri. 2016. Self Esteem. http://repositori.unisba.ac.id diakses tanggal 03 September 2019 (21.30).

Restino. 2009. Makalah Wawancara [Online]. http://latifauzan.wordpress.com/2009/11/24/wawancara/ diakses tanggal 14 Maret 2019 (21.00).

Rochim, Abdul. 2012. Teknik Kursi Kosong. http://kieemroy17.blogspot.com/22012/02/teknik-kursi-kosong.html diakses tanggal 10 September 2019 (23.00).

Safaria, Triantoro. 2005. Terapi & Konseling Gestalt. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Sari, Nasfhi Laila, Muswardi Rosra, dan Shinta Mayasari. 2019. Penggunaan Konseling Gestalt Untuk Meningkatkan Self Awarness Siswa. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/file/17685/12617. diakses tanggal 20 Juli 2019 (19.00).

Subaeni, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Konseling Gestalt. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/23/pendekatan-konseling-Gestalt/ [Online] diakses tanggal 25 Juni 2019 (23.00)

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2018.Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Winkel, WS. 1993. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Yori, Gege Argya Aka. 2016. Efektifitas Teknik Kursi Kosong (Empty Chair) untuk Meningkatkan Harga Diri (Self Esteem) Siswa Korban Bullying di SMP Baitussalam Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Yunitasari, 2012. Upaya Peningkatan Harga Diri (Self Esteem) Melalui Layann Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Bhakti Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Kudus: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus.

Yusuf, Syamsu & Achmad Juntika Nurihsan. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6475

Article Metrics

Abstract views : 1720| 123-129 views : 1988

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: