Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (Menemukan Secara Berkelompok) Bagi Siswa Kelas Jauh

Sumi`at Sumi`at

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pencapaian KKM mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII.IPS.5 (kelas jauh rahtawu) SMA Negeri 1 Gebog Kabupaten Kudus semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 sekurang-kurangnya mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65 (enam puluh lima) melalui model pembelajaran Group investigatioan (menemukan secara berkelompok) dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subyek penelitian siswa kelas XII.IPS.5 (kelas jauh Rahtawu) SMA Negeri 1 Gebog Kabupaten Kudus semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 26 siswa. Siklus aktivitas penelitian meliputi, penetapan fokus masalah penelitian, perencanaan tindakan perbaikan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, analisis dan refleksi, dan perencanaan tindak lanjut. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan tes, sedangkan analisis data menggunakan analisis kritis dan analisis komparataif. Kesimpulan penelitian adalah ada peningkatan pencapaian KKM mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas XII.IPS.5 (kelas jauh Rahtawu) SMA Negeri 1 Gebog Kabupaten Kudus semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 secara klasikal 100 % dari jumlah siswa keseluruhan sekurang-kurangnya mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65 (enam puluh lima) melalui model pembelajaran Group investigation dalam pembelajaran.


Keywords


Group investigation dalam pembelajaran; Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran ekonomi ;

Teks Lengkap:

139-145

Referensi


Dimyati & Mujiono. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat PSMA. 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud.

Dirjen GTK. 2016. Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar. Jakarta: Dirjen GTK.

Dirjen GTK. 2016. Buku 5 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajar. Jakarta: Dirjen GTK.

Ediyanto, Arif dkk. 2018. Inspirasi Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Kendal: Eksystika.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilian.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor: 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.

Rokhis Setiawati, S.Pd.,M.Pd. 2016.Peningkatan Kemampuan Analisis Transaksi Dalam menyusun Jurnal dan Posting Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Pengamatan BT/BK Pada Siswa Kelas XII.IPS.2 SMA 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016.

Suhardjono. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-Car). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyani, S.Pd.,M.Pd., 2016. Peningkatan hasil belajar jurnal umum melalui model pembelajaran direct instruction berbantukan jarikuntansi pada siswa kelas XI.IPS SMA islam Sudirman Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016.

Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor: 179342/MPK/KR/2014 tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013.

Sutopo, H.B. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif; Metodologi Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya. Surakarta: UNS.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.Jakarta: Hasil Pustaka Publisher




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6478

Article Metrics

Abstract views : 125| 139-145 views : 161

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: