PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KINERJA GURU DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 010

Safinaz Sahira
Miftahul Jannah
Rinda Gustari
Adyanata Lubis

Abstract


Pandemi Covid-19 menjadi persoalan multidimensi yang dihadapi dunia, hal tersebut juga dirasakan dampaknya dalam sektor pendidikan yang menyebabkan penurunan kualitas belajar pada peserta didik. Masa darurat pandemi ini mengharuskan sistem pembelajaran diganti dengan pembelajaran daring atau proses pembelajaran tetap berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 010 Rambah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hal ini diakibatnya karena adanya faktor kendala selama pembelajaran daring dilaksanakan seperti kurangnya alat peraga dan terbatasnya akses internet. Dalam pembelajaran daring ketersediaan kuota inernet, jaringan yang tidak stabil dan alat penunjang seperti laptob dan handphone. Pembelajaran daring dinilai efektif jika diterapkan pada masa pandemi covid-19 namun diperlukan model yang lebih variatif agar tetap menarik jika digunakan dalam jangka panjang. Lemahnya pengawasan terhadap siswa, kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok, dan mahalnya biaya kuota adalah tantangan tersendiri  dalam pembelajaran daring. Meningkatkan kemandirian belajar, minat dan motivasi, keberanian mengemukakan gagasan dan pertanyaan adalah keuntungan lain dari pembelajaran daring. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 guru dan 10 siswa kelas Vdi SD Negeri 010 Rambah.       


Keywords


Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Kinerja Guru, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

265-273

Referensi


Ari, Renita. ( 2021). Kinerja Guru dalam Pembelajaran dalam Jaringan di Sekolah Menengah Pertama ( SMP) di Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fatimah, Dewi. ( 2021 ). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Fuadi, Tuti Marjan dkk. (2020). Covid-19: Penerapan Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi. Jurnal Dedikasi Pendidikan. Volume 4 No.2.

Hidhayah, Fitri Nurul dkk. ( 2021 ). Implementasi Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran Tematik di SDN Kedunggalar IV. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume V No. 2.

Humaera,Ririn.Rusdinal. ( 2021 ). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 06 Balai – Balai pada Masa Covid-19. Jurnal Bahasa Manajemen Pendidikan. Volume 10 No 1.

Kurniasari, Asrilia dkk. ( 2020 ). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah ( BDR ) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Volume 6 No. 3.

Lestariyanti, Elina. (2020). Mini-review Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Keuntungan dan Tantangan. Jurnal Prakarsa Pendagogia. Volume 3 No.1.

Naziah, Syifa Tiara dkk. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD. Volume 7 No.2.

Ngazizah, Nur dan Rizky Fadjar Choirrul Linda. ( 2021 ). Kompetensi Guru terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Volume 5 No. 1.

Nurizka, Pegi. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik Terpadu SD Negeri 1 Pringsewu Utara. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Prasanti,Ditha.(2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar. Vol 6 No 1.

Prasetya,T.A., dan Harjanto,C.T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 17.No.2

Purwantiningsih, Eny. ( 2021 ). Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 2 Metuk Kabupaten Boyolali pada Masa Pandemi Covid 19. Publikasi Ilmiah. Surakarta: Unversitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusdinal dan Ririn Humaera. ( 2020 ). Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 06 Balai-Balai pada Masa Covid-19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. Volume 10 No. 1.

Rosali, Ely Satiyasih. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Jurnal Geosee. Volume 1 No.1.

Rokhani,C.T.S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengklek 01 Pati selama Masa Pandemi Covid-19. Edupsycouns:journal of education psychology and counseling, Volume 2.No.1

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning In The Middle Of The Covid-19 Pandemic). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 6 No. 02.

Suarni, Ni Ketut dkk. ( 2021 ). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. Volume 9 No. 3.

Widyaningsih, Octaviany. ( 2020 ). Penerapan Pembelajaran Online ( Dalam Jaringan ) di Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 2 No. 2.

Yanti, M.T.,Kuntarto,E., (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemenbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 10 No.1

Yulaiana, Riski.( 2021 ).Pengaruh Pembelajaran Daring dan Fasilitas Penunjang Terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa ( studi kasus pada guru SDN 13/1 Muara Bulian ).Jurnal Lipnas.Volume 3 No.2.

Yuliana, Riski. ( 2021 ). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Fasilitas Penunjang terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa ( Studi Kasus pada Guru SDN 13-1 Muara Bulian Jambi ). Tesis. Jambi: Universitas Jambi




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6934

Article Metrics

Abstract views : 431| 265-273 views : 178

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: