Implementasi Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru

Rahmat Dhoni Wiryatmo
Yari Dwikurnaningsih
Sophia Tri Satyawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penyelenggaraan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja Guru di SMP Negeri 3 Getasan, Kabupaten Semarang. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatitf dengan menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling. Teknik wawancara dan studi dokumentasi digunakan untuk mengungkap informasi secara aktual dan faktual pada pelaksanaan supervisi akademik. Fokus implementasi supervisi akademik di SMP Negeri 3 Getasan adalah pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan supervisi akademik di SMP Negeri 3 Getasan ini adalah pada supervisi perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan supervisi akademik dengan observasi kelas. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa Guru Mata Pelajaran dan Guru Bmbingan Konseling belum memenuhi tuntutan pada penyusunan perencanaan pembelajaran serta beberapa guru yang belum menggunakan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran dan atau layanan klasikal.

Keywords


Implementasi; Supervisi Akademik

Teks Lengkap:

297-303

Referensi


Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. 2018. The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume 7, Issue 7, July

Astuti, S. 2017. Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria, Volume 7, No. 1

Fitria, H. 2018. The Influence Of Organizational Culture And Trust Through The Teacher Performance In The Private Secondary School In Palembang. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume 7, Issue 7, July

Glickman, C.D., Gordon, S.P., dan Ross-Gordon, J.M. 2007. Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition. Boston: Perason

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Marwati, Hadriana, Suarman. 2019. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Pada Sekolah Dasar Di Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), Desember 2019 Volume 7, No 2

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supevisi Pendidikan . Jakarta: Gaung Persada

Priansa, Donni Juni dan Somad, Rismi. 2014. Manajemen Supervisi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta

Purwanto, Ngalim. 2010. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Zulfakar, Lian, Bukman, & Fitria, Happy. 2020. Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan Volume 5, No. 2




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7001

Article Metrics

Abstract views : 251| 297-303 views : 335

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: