Persepsi dan Pendampingan Belajar Anak Oleh Orang Tua Di Masa Pandemi Covid- 19

Dwi Handayani
Murtono Murtono

Abstract


The purpose of this study was to (1) Describe the parents' perceptions of the implementation of learning from home by students, (2) To analyze the role of parents in learning assistance for students, (3)  To analyze the factors that support and hinder parents in learning assistance for fifth-grade students of SDN Tegalarum 1 during the Covid-19 pandemic.

Supporting factors for learning assistance by parents for learning from home: (1) the use of WhatsApp as a communication medium and a learning medium (2) The role of schools in providing guidance and consultation services for students and parents. As for the obstacles faced by parents during learning assistance at home: (1) cellphones are often brought to work while children at home do not have cell phones; (2) some parents don't have Android phones; (3) Many parents find it difficult about learning materials when accompanying children to learn; (3) additional internet quota fees; and (4) additional work for parents in accompanying children to learn.

Teks Lengkap:

180-198

Referensi


Adhe, K. R. 2018. Model Pembelajaran Daring Mata kuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care & Education, (1), 26–32.

Ahsani, Eva Luthfi Fakhru.2020. Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. STAINU Purworejo: JurnalAl_Athfal. Akses 5 Juni 2020.

Antono, Agil. 2020. 5 Manfaat Pendampingan Orang Tua Untuk Pendidikan Anak Yang Baik. https://dosenpsikologi.com/manfaat-pendampingan-orang-tua-untuk-pendidikan-anak.

Asfarina, Hamimi. 2014. Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat. Lombok : FIP IKIP Mataram.

Cahyati,Nika dan Kusumah, Rita.2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203

Charles Desforges and Alberto Abouchaar. 2003. The Impact of Parental Involvement, Parental Support and Family Education on Pupil Achievements and Adjustment: A Literature Review. queen "s printer

Desforges,Charles and Alberto Abouchaar.2003. "The Impact of Parental Involvement Parental Support and Famili Educatioan on Pupil Achievement and Adjustment : A Literatur Review". Research Report No 433 the Department.

Diadha, R. 2015. Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Usia Dini di taman KanakKanak. Edusentris, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol.2 No.1 , 61--71.

Gibson, L. J.; Ivancevich, M. J.; Konopaske, R. 2012. Organizations: Behavior, Structure, Processes. Fourteenth Edition. McGraw-Hill Irwin, New York.

Hatimah, I. 2016. Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, 14(2), 290–297. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i2.3878

Hurlock, E.B (2002). Psikologi Perkembangan. 5th edition. Erlanga: Jakarta.

Indah Pratiwi , 2010 : 15 Peran Orang Tua Terhadap Perilaku Anak. http//www.intramedia.com Akses 3 Maret 2020

Irhamna. 2016. Analisis Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Menanamkan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Pembelajaran Alquran Hadis di Man Pagar Alam, 57-65.

Iriani, D. 2014. 101 Kesalahan Dalam Mendidik Anak. Jakarta : PT Elex Media Komputindo .

Irma, C., Nisa, K., & Sururiyah, S. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ddi TK Masyitoh Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v31i.152.

Kartono, Kartini.1985. Peranan Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali.

Kemdikbud RI .2020.Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kurniawan. (2013) Pengaruh kompetensi pedagogik, dan kompetensi professional Guru: Universitas Pendidikan Indonesia. Pustaka Belajar.

Kurniawan, Hilarius Andika. 2020. Corona dan Social Distancing (Covid-19 dalam Berbagai Tinjauan Perspektif ) Yogyakarta : Bridge Press.

Nurkholis.2020. Dampak pandemi novel-corona virus disease (covid-19) terhadap psikologi dan pendidikan serta kebijakan pemerintah. Jurnal PGSD, Vol. 6 No.1. 39–49.

Oktaria, R., & Putra, P. 2020. Pendidikan Anak dalam Keluarga sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 41–51.

Palusci, S., & Doom, J. (2020). Stress and Parenting during the Global COVID-19 Pandemic. PsyArXiv Preprints, 1-41. DOI :10.31234/osf.io/ucezm.

Prasetyono, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Think

Purwanto, Agus,dkk. 2020.Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal Education Psychology and Counseling 19 Februari 2020 Volume 2 Nomor 1 (2020).

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, Vol. 14, hal. 29-50, doi: 10.20414/Qawwam.v14i1.2310.

Robbins, Stephen. P & Judge, Timothy. A. 2008.Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba.

Robbins. Stephen P. 2013. Perilaku Organisasi. Salemba Empat Edisi 16

Saputro, Yeremia Tirto Wardoyo. 2020. Corona dan Social Distancing si Kasat Mata yang Mengubah Dunia (Covid-19 dalam Berbagai Tinjauan Perspektif) Yogyakarta : Bridge Press.

Subarto. 2020. Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19 . Universitas Pamulang, DOI: 10.15408/41i.15838.

Sugiyono, 2001. Metode Penelitian, Bandung: CV Alfa Beta.

Suryawan, O. 2020. Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus. BBALIPUSPANEWS.COM.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Kemendikbud RI

Suwarto, Hulman Fajri, (2018).Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak di Rumah.Jurnal SAP Vol. 3 No. 1 Agustus 2018.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Zamzami, Elviawaty Muisa. 2020.Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD. Universitas Sumatera Utara: Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Usai Dini.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7244

Article Metrics

Abstract views : 148| 180-198 views : 174

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: