The Effectiveness of Guided Inquiry Model and Problem Based Learning(PBL) in Learning to Write Narrative Text in terms of Cognitive Learning Outcomes of Class V Elementary School Students.

Dwi Kurniati Widiastuti
Murtono Murtono
Mohammad Kanzunnudin

Abstract


The objectives of this research are (1) testing the effectiveness of using guided inquiry models in learning to write narrative text for fifth grade school students on cognitive learning outcomes; (2) testing the effectiveness of using the PBL model in learning to write narrative text for fifth grade elementary school students on cognitive learning outcomes;

       This type of research design is a Quasi Experiment Design. he results showed a significance value (2-tailed) of 0.003 <0.005. This means that there are differences in the effectiveness of cognitive learning outcomes between the experimental class treated with the Guided Inquiry learning model, and the control class treated with the Problem Based Learning learning model. The posttest average score of the Guided Inquiry learning model is 83.75, while the average value of the Problem Based Learning learning model is 80.31.

Teks Lengkap:

199-212

Referensi


Abidin, Yunus.2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Abdullah, Sani Ridwan. 2014.Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Alwi, Hasan, at al.2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Alwi, Hasan, Dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Alwasilah. A Chaedar dan Senny Suzanna. 2013. Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku.

Sobur,Alex.2004. Analisis Teks Media Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: Rosdakarya.

Anderson, Lorin W dan Krathwohl, David R.2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom), Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Anam Khoirul.2015.Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bilgin, M. 2009. The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students’ achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Academic Journals. Scientific Research and Essay. Vol.4 (10): 1038- 1046

Arikunto, Suharsimi.2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Akasara.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teech untuk Mengajar. Edisi ketujuh buku kesatu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Atmazaki.2013. Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Jurnal Artikulasi. Malang : UMM. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jib/article/view/1239. Diunduh Tanggal 17 Januari 2019.

Baharudin .2016.Penerapan metode Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Aspek Membaca Siswa Kelas X SMA NEgeri 1 Bengkalis. Jurnal Madah, Volume 7, Nomor 1, Edisi April 2016:11—24.

Bintari, Ni Luh Gede Riwan Putri. 2014. Artikel: Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. E-Journal, Volume 3 Tahun 2014

Chaer, Abdul.2007. Linguistik Umum, Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul.2011.Tata Bahasa praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

DeProter,Bobi&Hernacki,Mike.2001. Quatum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan menyenangkan.Bandung,Kaifa.

DePorter, Bobbi. 2010. Quantum Theacing : Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Edisi Baru, Bandung. Kaifa.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.2016. Paduan Teknis Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kemendikbud .

Dadan Suwarna.2012. Cerdas Berbahasa Indonesia: Berbahasa dengan Pengalaman dan Pendalaman. Tangerang: Jelajah Nusa.

Elina Syarif, Zulkarnaini, Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS

Brown, H.Douglas.2001. Teaching by Principle and Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman Inc.

Finosa, Lamuddin, 2009. Komposisi Bahasa Indonesia, Jakarta. Diksi Intan Mulia

Hapsari.2013. Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Heuken, Adolf. 2008. Teknik Mengarang edisi Ketiga.Yogyakarta : Kanisius

Iqbal Hasan.2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik.Jakarta :Bumi Aksara.

Ibrahim.2008. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lentera Pendidikan, Vol. 11 N0. 2 Desember 2008: 234-246.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya

Jensen, Eric.2011. Pemelajaran Berbasis Otak – Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Indeks.

Johnson, LouAnne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik. Jakarta: Indeks

Joyce,B, Weil, Marsha, & Calhoun, E. 2009. Model-model Pengajaran: Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah.

Komaidi, Didik. 2011. Panduan Lengkap Menulis Kreatif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Sabda Media.

Kosasih,E.2003.Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung : Yrama Widya.

Kosasih.E.2014.Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Kridalaksana, Harimurti.2008. Kamus Linguistik-Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kumar, R. dan Brenda, R. 2017. Problem-Based Learning Pedagogy Fosters Students Critical Thinking About Writing. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. 11 (2), 1-10.

Kurnia, Yoga Pria. 2019. Implementation of Problem Based Learning Assisted with Science Comic Books to Improve Critical Thinking Skill of Elementary Students. Journal of Primary Education 9 (2) (2020) : 186–192.

Kuhlthau, Carol Collier. 2010. Guided Inquiry: School Libraries in the 21Century. School Libraries Worldwide : January 2010, Volume 16, Number 1, 25-28

Mudrajad Kuncoro.2009. Mahir Menulis: Kiat jitu menulis artikel, kolom, dan resensi buku. Jakarta: Erlangga.

Mahmudi, Zulaeha, I., & Supriyanto, T. 2013. Menulis Narasi dengan Karyawisata dan Pengamatan Objek Langsung serta Gaya Belajarnya. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/1256. Journal of Primary Education. Vol. 2 (No.1): 180-185.

Mahsun.2013. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. belbuk.com.

Mulyasa. 2009. Implementasi KTSP Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyati, Yeti, dkk. 2014. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Murtono. 2020. Problem based Learning-Based E-Learning to Improve Decision Making Skills of Students. TEST Enginering & Management (Volume 83 Tahun 2020

Ngalimun.2012.Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Presindo.

Ni Putu Eka Puspita Dewi, dkk.2018.Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA 1 Mendoyo.

Nurhadi .2009 dalam www.academia.edu.diunduh tanggal 3 November 2019 pukul 22.30

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogjakarta: BPFE.

Okke.2015. Teori Wacana.Jakarta: Penaku

Permendikbud RI No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud RI.

Permendikbud RI No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan.Jakarta:Kemendikbud RI.

Prastiwi., Dewi.2018. The Effectiveness of Guided Inquiry with Mind Mapping to Improve Science Process Skills and Learning Motivation. Journal of Primary Education JPE 7 (2) (2018) : 195 – 203.

Priyatni, Endah. 2014.Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Putrayasa, Ida Bagus. 2006. Tata Kalimat Bahasa Indonesia.Bandung:Refika Aditama.

Rachmawati, Yunita.2019. The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) with Open-Ended Approach on Problem Solving Ability. Journal of Primary Education 10 (1) (2021) : 105 – 112.

Rusman.2017. Model - Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalsime Guru) . Jakarta : Rajawali Press.

Saddhono Kundharu, Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sasangka, Sry Satriya Tjatur Wisnu.2014.Kalimat.Digital PDF.Kemdikbud.

Santrock, John W, 2008. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta : Kencana.

Sari, Dewi, Eva Banowati, and Eko Purwanti. 2018. The Effect of Problem-Based Learning Model Increase The Creative Thinking Skill and Students Activities on Elementary School. Journal of Primary Education 7 (1), 57-63. https://doi.org/10.15294/jpe.v7i1.21861.

Slamet. 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,Cet IV. Jakarta:Rineka Cipta.

Sitaresmi, Nunung, 2010 . Model Pembelajaran Menulis Deskripsi.Bandung: FPBS Universitas Pendidikan Indonesia.

Subyantoro.2009. Pelangi Pembelajaran Bahasa. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Sudjana, Nana dan Ibrahim.2009.Penelitian dan Penilaian Pendidikan , Sinar baru Algensindo. Bandung.

Sudrajat, 2011.Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran.http://www.psb-psma.org/content/blog/pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaran (diunduh 7 Juni 2011).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudijono.2007. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta:Grafindo Persada Raju.

Sukirno, 2007. Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Menulis Wacana Narasi dengan Strategi Belajar Kuantum.Disertasi. Universitas Negeri Malang.

Sumantri.2015. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Suparno dan Yunus, Muhammad.2009. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta. Universitas Terbuka.

Sutama, I Made. 2016. Pembelajaran Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsuddin AR dan Damaianti, Vismaia S.2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung: Rosda.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung.Aksara.

Titscher, Stefan. 2009.Metode Analisis Teks dan Wacana.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Ula, Wahyu Rikha Rofikhatul.2018. The Implementation of Problem Based Learning with Mind Mapping to Improve The Student’s Understanding of Concept. Journal of Primary Education JPE 7 (2) (2018) : 163 – 171.

Widjono,Hs.2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi.(Rev).Jakarta:Grasindo.

Winataputra, Udin, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

https://www.sumberpengertian.id/ diunduh tanggal 2 November 2019, pukul 09.30 wib.

http:///ian43.wordpress.com//2019/06/08/problem-based-learning//. Diunduh tanggal 3 November 2019 pukul 22.00 wib.

http:///ian43.wordpress.com//2019/06/08/problem-based-learning//. Diunduh tanggal 3 November 2019 pukul 22.00 wib.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7245

Article Metrics

Abstract views : 210| 199-212 views : 112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: