EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 4 KOTA JAYAPURA
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui evaluasi dan kendala pembelajaran daring masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 4 Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan jenis diskriptif, waktu penelitian dilaksanankan 3 bulan Januari - maret 2021 di SMA Negeri 4 Kota Jayapura. Sumber data primer dan skunder, pengumpulan data menggunakan teknik observasi lansung, wawancara dengan Kepala Sekolah dan guru secara terstruktur dan dokumnetasi saat pembelajaran daring berlansung. Adapun teknik analisa data menggunakan anaslisis diskripitf terhadap data primer dan data skunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Kota Jayapura, masih ditemukan banyaknya masalah yang sering dialami guru dalam pembelajaran daring, baik kendala jaringan, mahalnya kuota internet, kurangnya respon siswa terhadap materi, hingga ketidakpahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Hal tersebut masih menjadi masalah yang terus diperbaiki oleh guru, agar kendala pembelajaran daring dapat diminimalisir dan proses pembelajaran daring dapat berjalan efektif. Guru SMA Negeri 4 Kota Jayapura saat awal belajar daring mencari bantuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan pembelajaran daring. Kendala lainnya banyak gangguan di rumah saat belajar daring, tidak ada siswa di Grup WhatsApp antar guru, dan tidak ada hubungan erat antara guru dan siswa. Guru merasa beban mengajar lebih berat, dan siswa menjadi malas karena tidak ada kontrol lansung dari guru.
Teks Lengkap:
281-287Referensi
A.M, Sudirman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Akhsanul In’am, Eko Sabdo Sutrisno. (2021). Strengthening Students’ Self-Efficacy And Motivation In Learning Mathematics Through The Cooperative Learning Model University of Muhammadiyah Malang Indonesia. Jurnal Internasional Pengajaran Januari 2021 ● Vol. 14, No. 1. e-ISSN: 1308-1470 ● www.e-iji.net p-ISSN: 1694-609X. hlm. 395-410
Anas Sudijono, 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Choice Oemar hamalik, 2002. Proses belajar mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Emda, Amna. (2018). “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2: 172–182.
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189.
Khirwadkar, A., Ibrahim Khan, S., Mgombelo, J., Ratkovic, S., & Forbes, W. (2020).Reimagining Mathematics Education During the COVID-19 Pandemic. Brock Education Journal, 29(2), 42. https://doi.org/10.26522/brocked.v29i2.839
Kusumaningrum, B. & Wijayanto. Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). 7.
Mailizar, M., Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860. https://doi.org/10.29333/ejmste/8240
McMillan, J.H. & Schumacher S. (2010). Research in Education. New Jersey: Pearson
Moh. Arifin (2009), Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pai Siswa Kelas IX di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo Pati, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3 (2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Pasolong Harbani. 2016. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta
Selvi Loviana, Miftahul Janah, Dicko Cahya Permata, Choirun Nisa. 2021. Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Tingkat SMP dan SMA Di Masa Pandemi Covid-19. Tadris Matematika, IAIN Metro Lampung, Journal of Mathematics Education, Volume 2 Nomor 1, p-ISSN: 2722-6913 e-ISSN: 2722-760X, , pp. 65-74.
Smith, Rebecca. 2021. “Flipped Learning During a Global Pandemic: Empowering Students with Education.
Welvi Redasuryani (2015), Implementasi Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Alam (Studi Kasus di SD School of Universe Parung), Universitas Muhammadiyah Malang.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.7252
Article Metrics


Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: