ANALISIS KECERDASAN NATURALIS PADA SISWA DI DESA PLADEN

Windi Desiana Pangesti
Fina Fakhriyah
M Syaffruddin Kuryanto

Abstract


The research is a descriptive qualitative research. The purpose of the research to describe the naturalist intelligence of students in Pladen Village and describe the factors that influence students' naturalist intelligence. The informants in this research were six students in Pladen Village. This research uses data collection techniques including the stages of observation, interviews, and documentation. The results showed that the naturalist intelligence of students in Pladen Village was mostly good in responding to nature (animals, plants, and natural materials). There is still a habit of not caring about plants. There are factors that influence health and the biggest influence is the student's environment.


Keywords


Kecerdasan Naturalis;Faktor Kecerdasan Naturalis

Teks Lengkap:

131-139

Referensi


Apriyansyah, Chandra. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Media Realia. Jurnal Audi. 3(1):13-26.

Astaman. (2020). Kecerdasan Dalam Perspektif Psikologi Dan Al-Qur’an/Hadits. Jurnal Keguruan dan Pendidikan Islam Tarbiya Islamica. 1(1):41-50.

Astriyani, Arlin dan Viarti Eminita. (2018) . Persepsi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 4(1):1-16.

Hambali, Hilmi. (2017). Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence) Siswa SMP Unismuh Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1):99-108.

Handayani, Dwi., Murtono, Irfai Fathurohman. (2021). Persepsi dan Pendampingan Belajar Anak Oleh Orang Tua Di Persepsi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Prakasa Paedagogia. 4(2):180-198.

Juniarti, Yenti. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9(2):267-284.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marpaung, Junierisa. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak (Influences Of Caring Parenting On Multiple Intelligence). Jurnal Kopasta.4(1):7-15.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. In: Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Pratama, Wisnu Surya., Rita Istiana., Nandang Hidayat. (2017). Analisis Partisipasi Siswa dalam menjaga Kesehatan Lingkungan Ditinjau Melalui Kecerdasan Naturalis. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1): 44-51.

Saripudin, Arip. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 3(1):1-18.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, Maulidya., Yurida Khoerunnisa. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal. Jurnal Pendidikan Anak. 4(1):31-50.

Widayati, Sri., Utami Widijati. (2008). Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Yogyakarta: Luna Publisher.

Wirdianti, Nina., Ratna Komala., Mieke Miarsyah. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Naturalis Dengan Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan Siswa. Jurnal Biotek. 8 (1):17-33.

Yanti, Yulie Eka. (2014). Mengembangkan kecedasan naturalis tentang linkungan prasekolah usia 5-6 tahun TK LKIA III Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 3(3):1-13

Yasbiati., Rosarina Giyartin., Anisa Lutfiana. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Kegiatan Bercocok Tanam Bambim Al-Abror Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia. 1(2):203-213.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Dian Rakyat: Jakarta.

Yunisari, Dewi dan Fakhriah Amsal Amri . (2016). Pengembangan kecerdasan naturalis anak di Sentra Bahan Alam pada Paud Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1):11-18.

Apriyansyah, Chandra. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Media Realia. Jurnal Audi. 3(1):13-26.

Astaman. (2020). Kecerdasan Dalam Perspektif Psikologi Dan Al-Qur’an/Hadits. Jurnal Keguruan dan Pendidikan Islam Tarbiya Islamica. 1(1):41-50.

Astriyani, Arlin dan Viarti Eminita. (2018) . Persepsi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 4(1):1-16.

Hambali, Hilmi. (2017). Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence) Siswa SMP Unismuh Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(1):99-108.

Handayani, Dwi., Murtono, Irfai Fathurohman. (2021). Persepsi dan Pendampingan Belajar Anak Oleh Orang Tua Di Persepsi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Prakasa Paedagogia. 4(2):180-198.

Juniarti, Yenti. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9(2):267-284.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marpaung, Junierisa. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak (Influences Of Caring Parenting On Multiple Intelligence). Jurnal Kopasta.4(1):7-15.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. In: Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Pratama, Wisnu Surya., Rita Istiana., Nandang Hidayat. (2017). Analisis Partisipasi Siswa dalam menjaga Kesehatan Lingkungan Ditinjau Melalui Kecerdasan Naturalis. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1): 44-51.

Saripudin, Arip. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 3(1):1-18.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, Maulidya., Yurida Khoerunnisa. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal. Jurnal Pendidikan Anak. 4(1):31-50.

Widayati, Sri., Utami Widijati. (2008). Mengoptimalkan 9 Zona Kecerdasan Majemuk Anak. Yogyakarta: Luna Publisher.

Wirdianti, Nina., Ratna Komala., Mieke Miarsyah. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Naturalis Dengan Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan Siswa. Jurnal Biotek. 8 (1):17-33.

Yanti, Yulie Eka. (2014). Mengembangkan kecedasan naturalis tentang linkungan prasekolah usia 5-6 tahun TK LKIA III Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. 3(3):1-13

Yasbiati., Rosarina Giyartin., Anisa Lutfiana. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Kegiatan Bercocok Tanam Bambim Al-Abror Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia. 1(2):203-213.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Dian Rakyat: Jakarta.

Yunisari, Dewi dan Fakhriah Amsal Amri . (2016). Pengembangan kecerdasan naturalis anak di Sentra Bahan Alam pada Paud Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1):11-18.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7424

Article Metrics

Abstract views : 191| 131-139 views : 113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: