Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu di Sekolah Dasar

Dianing Wiratmoko
Ngurah Ayu Nyoman Murniati
Ghufron Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu sekolah. Pemimpin ini mempraktikkan inovasi-inovasi. Sikap dan perilaku  kepemimpinannya didasarkan pada ilmu pengetahuan yang berkembang  dan secara intelektual ia mampu menerjemahkannya dalam bentuk kinerja  yang produktif. Pemimpin senantiasa menggali ide-ide baru dan solusi  yang kreatif dari para staf dan selalu mendorong staf mempelajari dan  mempraktikkan pendekatan baru dalam melakukan pekerjaan. Kepemimpinan transformasional pada dasarnya  antara pemimpin dan pengikut saling menaikkan diri ke tingkat moralitas  dan motivasi yang lebih tinggi. Sehingga, kepala sekolah di lembaga  pendidikan Islam, sudah seharusnya menerapkan gaya kepemimpinan transformatif. Kesimpulan yang bisa diambil adalah Kepemimpinan  transformasional adalah kepemimpinan yang mampu menciptakan  perubahan yang mendasar dan dilandasi oleh nilai- nilai agama, sistem dan  budaya untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas pengikutnya dalam  rangka mencapai visi yang telah ditetapkan.

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kepemimpinan Transformasional; Mutu Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

44-53

Referensi


Danim, Sudarwo & Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Machali, Iman & Hidayat, Ara. The handbook of education management : teori dan praktik pengelola sekolah : EDISI: Edisi Kedua. Jakarta : Prenadamedia Group

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyono. (2017). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Robbins, Stephen P, & Judge,Timothy, A. (2015). Perilaku Organisasi, Edisi 16, Edisi Bahasa Indonesia, Terjemahan Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Umar. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri 106 Jerrung 1 Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai . Tesis. Program Pascasarjana Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makasar.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.7998

Article Metrics

Abstract views : 396| 44-53 views : 168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: