Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Honorer Daerah Di Pringapus Raya, Kabupaten Semarang

Al Mizzam Wahyu Pramana
Ngurah Ayu Nyoman Murniati
Ghufron Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Guru Honorer Sekolah Dasar di Kecamatan Pringapus Raya Kabupaten Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah semua guru honorer daerah di Kecamatan Pringapus Raya, Kabupaten Semarang dengan jumlah 184 guru honorer Sekolah Dasar yang selanjutnya diperoleh sampel 126 guru dengan menggunakan teknik proportional random sampling dengan menggunakan rumus dari Yamane dan Isaac and Michael. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat dan analisis regresi sederhana yang diolah dengan menggunakan SPSS Versi 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompensasi terhadap kinerja Guru Honorer Daerah Kecamatan Pringapus Raya Kabupaten Semarang, hal ini dibuktikan dengan nilai correlation antara variabel kompensasi terhadap kinerja bernilai positif, dengan nilai r hitung sebesar 0,793 dengan Sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Selanjutnya nilai R square sebesar 0,629= 62,9%, dimana hal ini dimaknai bahwa besaran pengaruh variabel X2 terhadap Y adalah sebesar 62,9% dan besaran pengaruh lain di luar kompensasi yang mempengaruhi kinerja Guru Honorer Daerah Kecamatan Pringapus Raya Kabupaten Semarang adalah sebesar 37,1%. Selanjutnya diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 14,502 > t tabel (1,979). Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh kompensasi terhadap kinerja, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh kompensasi terhadap guru honorer daerah di Kecamatan Pringapus Raya, Kabupaten Semarang dinyatakan diterima


Keywords


Kompensasi Kinerja Guru; Honorer Daerah

Teks Lengkap:

84-95

Referensi


Ahmadiansah, Reza. 2014. Pengaruh Motivasi kerja dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Salatiga. Tesis. Salatiga: PPs MP UKSW Salatiga.

Fahmi Irham. 2011. Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Listyorini, Enny., & Samtono. (2017). Pengaruh Kompensasi, Kepuasan Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Gugus Erlangga UPTD Pendidikan Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal. Jurnal Visi Manajemen, Vol 2 , No 2

Miyono, N., & Taukhid, H. (2019). “Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak” dalam Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13 (1): 87-96.Semarang:Universitas PGRI Semarang.

Mujanah, Siti. 2019. Manajemen Kompensasi. Surabaya: CV Media Nusantara.

Mujiyati. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Tesis. Semarang: PPs UPGRIS.

Noviah, Siti. 2020. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Tesis. Semarang: PPs UPGRIS.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 2009. Jakarta: Ditama Binbangkum - BPK RI.

Priansa, Donni Juni. 2017. Manajemen Kinerja Kepegawaian. Bandung: CV Pustaka Setia.

Siagian P. Sondang. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. 2005.Jakarta: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8000

Article Metrics

Abstract views : 294| 84-95 views : 147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: