Manajemen Pengembangan Kurikulum Sekolah Adiwiyata

Fajar Andika, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Endang Wuryandini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan kurikulum adiwiyata SD Negeri 03 Pulosari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang.Jenis penelitian kualitatif fenomenologi.  Subyek penelitian adalah kepala Sekolah, guru, komite, wali murid, dan siswa.  Obyek penelitian adalah manajemen pengembangan kurikulum adiwiyata meliputi perencanaan, pengorganisasian,  pelaksanaan, dan pengawasan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian manajemen pengembangan kurikulum aspek: 1) Perencanaan berupa pengembangkan visi misi dan tujuan, penyusunan program, sarana dan prasarana, perangkat pembelajaran dan SDM; 2) Pengorganisasian mencakup pengelolaan struktur kelembagaan peraturan, program kerja, SDM, unit-unit kegiatan, sarana prasana, anggaran, kemitraan, pengawasan dan evaluasi; 3) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dan ilmiah, dengan metode eksposisi, berpikir reflektif, diskusi, simulasi.  Materi pembelajaran disusun secara sistematis dan lintas mata pelajaran dan ekstrakurikuler. 4) Pengawasan melalui kegiatan audit internal, dalam bentuk pengawasan langsung dan tidak langung, dengan sasaran pengawasan meliputi perencanaan, manajemen, pendidikan, pemberdayaan warga sekolah dan fisik sekolah

Keywords


Manajemen; Pengembangan Kurikulum; Sekolah Adiwiyata

References


Engkoswara. (2010). Adminsitrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ghony, M. D & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta :BumiAksara.

Haris, Endang, dkk. (2018). Sekolah Awidiyata: Panduan Implementasi Adiwiyata Mandiri di Sekolah. Jakarta: Erlangga.

Miles, Mathew B., Huberman, A. Michael, & Saldana, Johnny. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publication, Inc

Nurhayati, Ela. (2016). “Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus Di SMP Negeri 16 Surabaya)”. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5

Paryadi. (2017). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata Di SMA Negeri 2 Salatiga. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Prakarsa Paedagogia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors of the Paedagogia Prakarsa Journal Status

Country of Origin of Visitors:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: