Manajemen Pengembangan Kurikulum Sekolah Adiwiyata

Fajar Andika
Ngurah Ayu Nyoman Murniati
Endang Wuryandini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan kurikulum adiwiyata SD Negeri 03 Pulosari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang.Jenis penelitian kualitatif fenomenologi.  Subyek penelitian adalah kepala Sekolah, guru, komite, wali murid, dan siswa.  Obyek penelitian adalah manajemen pengembangan kurikulum adiwiyata meliputi perencanaan, pengorganisasian,  pelaksanaan, dan pengawasan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian manajemen pengembangan kurikulum aspek: 1) Perencanaan berupa pengembangkan visi misi dan tujuan, penyusunan program, sarana dan prasarana, perangkat pembelajaran dan SDM; 2) Pengorganisasian mencakup pengelolaan struktur kelembagaan peraturan, program kerja, SDM, unit-unit kegiatan, sarana prasana, anggaran, kemitraan, pengawasan dan evaluasi; 3) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dan ilmiah, dengan metode eksposisi, berpikir reflektif, diskusi, simulasi.  Materi pembelajaran disusun secara sistematis dan lintas mata pelajaran dan ekstrakurikuler. 4) Pengawasan melalui kegiatan audit internal, dalam bentuk pengawasan langsung dan tidak langung, dengan sasaran pengawasan meliputi perencanaan, manajemen, pendidikan, pemberdayaan warga sekolah dan fisik sekolah

Keywords


Manajemen; Pengembangan Kurikulum; Sekolah Adiwiyata

Teks Lengkap:

343-352

Referensi


Engkoswara. (2010). Adminsitrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ghony, M. D & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta :BumiAksara.

Haris, Endang, dkk. (2018). Sekolah Awidiyata: Panduan Implementasi Adiwiyata Mandiri di Sekolah. Jakarta: Erlangga.

Miles, Mathew B., Huberman, A. Michael, & Saldana, Johnny. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publication, Inc

Nurhayati, Ela. (2016). “Implementasi Kurikulum Berbasis Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus Di SMP Negeri 16 Surabaya)”. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5

Paryadi. (2017). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata Di SMA Negeri 2 Salatiga. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8011

Article Metrics

Abstract views : 173| 343-352 views : 133

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: