Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Setyo Budi Utomo
Ade Iriani
Sophia Tri Satyawati

Abstract


Teknologi informasi dibutuhkan dalam dunia pendidikan untuk peningkatan kualitas dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi informasi dalam pelaksnaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Bancak. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis data dari Miles dan Huberman dengan langkah data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verfication. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber. SMP Negeri 1 Bancak menggunakan teknologi dalam pembelajaran daring dengan platform Quipper School, Google Classroom, Zoom Meeting, Google Meet, dan whatsapp. Sebelum penggunaan aplikasi tersebut dilakukan workshop dalam penggunaan platform tersebut. kendala yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah Quipper School masih memiliki kekurangan sehingga guru melengkapi dengan penggunaan Google Classroom. Kendala yang lain adalah tidak semua peserta didik memiliki gawai, membutuhkan kuota data yang banyak dan kendala pada provider jaringan yaitu jaringan kurang merata di lingkungan Kecamatan Bancak. Kendala lain yaitu peserta didik tidak mengikuti pembelajaran yang kemudian ditindaklanjuti dengan home visit oleh guru BK serta wali kelas

Keywords


Pemanfaatan Teknologi Informasi; Proses Pembelajaran; Mutu pendidikan

Teks Lengkap:

353-360

Referensi


Anugraheni, D. W., Utomo, S. B., Lahade, S. M., Dwikurnaningsih, Y., & Trisatyawati, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19. Prakarsa Paedagogia, 4(2), 315–322.

Awaluddin, Ramadan, F., Charty, F. A. N., Salsabila, R., & Firmansyah, M. (2021). Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar. Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 2(2), 48–59.

Fatmawati. (2018). Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Sebagai Akses Meningkatkan Mutu Pendidikan Dalam Persaingan Dunia Pendidikan di Era Global. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 95–102.

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Nugroho, M. A. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(1), 30. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i1.758

Rindo, A. J. (2022). Pemanfaatan Program Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Menunjang Kegiatan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1–23.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2010). Teknologi komunikasi & informasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Widyastono, H. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditasi a Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kwangsan, 5(1), 21. https://doi.org/10.31800/jtpk.v5n1.p21--38

Wirdayanti, M. S. P., & Supriyanto. (2021). Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen, 09(03), 764–782.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8289

Article Metrics

Abstract views : 187| 353-360 views : 325

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: