Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Makhluk Hidup Siswa Sekolah Dasar

Lilik Kustiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkembangbiakan makhluk hidup melalui model pembelajaran problem based learning dengan media powerpoint pada siswa kelas VI SD 1 Garung Kidul semester I tahun pelajaran  2019/2020. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,55 atau sebesar 72,37% (sedang), siklus II meningkat menjadi 25,20 atau sebesar 90,05% (sangat tinggi). Pada akhir tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 72,89 atau sebesar 73,68% mengalami peningkatan 26,31% dari kondisi awal. Nilai rata-rata siklus II diperoleh 79,74 atau sebesar 89,47% ketuntasan belajar sehingga mengalami peningkatan sebesar 15,79% dari siklus I. disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkembangbiakan makhluk hidup pada siswa kelas VI SD 1 Garung Kidul Kaliwungu Kudus.

Keywords


Aktivitas; Hasil Belajar; Model Problem Based Learning; Media Powerpoint

Teks Lengkap:

152-160

Referensi


Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. diterjemahkan oleh Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Sutjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dimyati dan Mujiono. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2013. Teknik Pengukur Dan Evalusi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Winataputra, Udin S. 2008. Materi dan Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wisudawati, Asih. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8658

Article Metrics

Abstract views : 142| 152-160 views : 59

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: