Peningkatan Kinerja Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Kegiatan Supervisi Klinis

Syaiful Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL melalui supervisi klinis di UPTD SPF SMP Negeri 2 Tuntang Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah dan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kelas oleh kepala sekolah terbukti berhasil meningkatkan kinerja guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam UPTD SPF SMP Negeri 2 Tuntang dalam mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dibuktikan dengan peningkatan hasil observasi yang dilakukan pada 3 apsek penilaian. Pelaksanaan supervisi klinis terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja guru UPTD SPF SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL).

Keywords


Kinerja Guru Mata Pelajaran; Contextual Teaching and Learning; Supervisi Klinis

Teks Lengkap:

499-506

Referensi


Ahmadi, Abu dan Joko T. Prasetyo. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.: Rineka Cipta.

Dakir. (2004). Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Kartadinata, Sunaryo, dkk. (2002). Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Maulana.

Masnur Muslich. (2007). KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PN. Bumi Aksara.

Moleong. Lexy J. (2007). Metodology Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mugiarso, dkk. (2004). Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Peraturan Menteri Pendidkan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2007, Tentang Standar Kepala Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162/U/2003 Tentang Pedoman Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Rachman, dkk. (1999). Manajemen Kelas. Semarang Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Roestiyah NK. (1985). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sumantri, dkk. (2001). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Maulana




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.9713

Article Metrics

Abstract views : 71| 499-506 views : 47

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: